MUSKOMWIL I APEKSI 2018 di Pekanbaru Smart City Madani: Ada Kekaguman Bagi 24 Walikota

oleh
Jasa Website murah

Selama 3 hari 24 Walikota di 5 Provinsi se- Sumatera berada di Kota Pekanbaru yang memiliki Visi dan Misi Smart City Madani. Sehingga jadi sorotan para tamu yang hadir dan kagum melihat progres pembangunan.

saturealita.com- Pekanbaru, Petunjuk7.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah bersiap menjamu para Walikota yang jumlahnya 24 pada acara Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI) mulai dari tanggal 1 hingga 3 Februari 2018.

Rehabilitasi narkoba

Nah, tentu Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT akan memaparkan penerapan Smart City Madani yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam acara MUSKOMWIL I APEKSI.

Selain itu, Walikota mengimbau kepada seluruh pihak, baik dari masyarakat Kota Pekanbaru maupun dari unsur Pemerintah Kota, agar menyambut baik seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

“Alhamdulilah, selaku tuan rumah, mari kita sambut baik undangan 24 Walikota yang hadir dalam acara Apeksi besok. Selain ada musyawarah pemilihan, nanti masing-masing kepala daerah itu akan saling berbagi dan tukar pengalaman tentang bagaimana mentata kelola daerahnya, termasuk kita dari Pekanbaru yang akan memaparkan penerapan Smart City Madani,” ujar Firdaus, Rabu (31/1).

Karena terang Walikota Pekanbaru, para tamu undangan tersebut berasal dari 24 daerah. Ia berharap pelaksanaan MUSKOMWIL I APEKSI dapat berjalan lancar dan tidak menemukan kendala apapun.

“Mari kita sukseskan Muskomwil I Apeksi yang berlangsung selama 3 hari di kota kita. Nanti akan banyak ilmu yang kita peroleh dari pemaparan masing-masing kepala daerah, termasuk beberapa hal yang menjadi kendala pembangunan, sehingga dapat dijadikan referensi bagi daerah kita untuk membangun negeri yang lebih baik kedepannya,” harap Firdaus.

Dari penyampaian Walikota Pekanbaru, saat penyelenggaraan MUSKOMWIL I APEKSI menjadi kebanggan bagi Kota Pekanbaru.

Kenapa demikian? Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST, MT terpilih menjadi Koordinator Wilayah (Korwil) Regional I APEKSI.

Walikota Pekanbaru terpilih setelah melalui sidang pleno pemilihan yang diikuti seluruh Kepala Daerah di Regional I  yang diikuti 24 kepala daerah Kabupaten dan Kota dari lima (5) provinsi di Sumatera.

Setelah terpilih, Walikota Pekanbaru langsung dikukuhkan oleh Ketua Umum Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH., yang juga Walikota Tangerang Selatan bertempat di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Jumat (2/2).

“Terimakasih atas kepercayaan ini, semoga tim yang baru dibentuk ini dapat bermanfaat bagi pelayanan untuk masyarakat,” ujar Walikota Pekanbaru usai pengukuhan.

Dalam susunan kepengurusan ditetapkan: Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman sebagai Wakil Ketua I, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmantias sebagai Wakil Ketua II, Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk sebagai Wakil Ketua III.

Bukan itu saja, Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT mendampingi Ketua Umum APEKSI Hj. Airin Rachmi Diany meninjau langsung Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru, Jalan Pepaya, Jumat (2/2/18).

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta APEKSI lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu  Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, ST, MT  mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

“Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru,” ujar Eka.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut, Walikota Pekanbaru sempat melakukan video conferens dengan Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

“Assalamu’alaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan di sini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali,” ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.

Selanjutnya, Walikota Pekanbaru melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi ‘EKA’ (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Umum APEKSI, Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut.

“Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu,” kata Airin yang disambut Wali Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.

Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu Walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut.

Pembukaan MUSKOMWIL I APEKSI

Acara MUSKOMWIL I APEKSI 2018 secara resmi dibuka di Hotel Aryaduta, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (1/2). Ramainya para peserta yang hadir dalam agenda ini, disebut karena Kota Pekanbaru memiliki daya tarik tersendiri.

Demikian dikatakan Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharulla SP mengatakan, tentang MUSKOMWIL I APEKSI di Kota Pekanbaru.

Dijelaskannya, dari Kota Padang saja, rombongan mereka yang dibawa untuk meramaikan dan meriahkan Muskomwil I APEKSI di Kota Pekanbaru tahun 2018 ini sangat ramai, diantaranya: Sekda Kota Padang Asnel, Asisten I Fidal Triza, Kadis Kominfo Suardi, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Kelautan dan Perikanan Eviet Nazmar, Kabag Pemerintahan Arfian, Kabag Umum Alfiadi, Kabag Perekonomian Edi Dharma, Kabag Kerjasama Erwin, Kabag Humas Imral Fauzi, Dirut PDAM dan lain sebagainya.

Mahyeldi mengapresiasi kehadiran seluruh anggota dalam Muskomwil tersebut. Besarnya antusias para anggota APEKSI yang hadir menunjukan telah terjadi koordinasi yang baik antar sesama anggota APEKSI.

“Ramainya kehadiran anggota APEKSI tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru sebagai ibukota Riau. Kehadiran 24 walikota bersama rombongan di wilayah Sumatera ini lantaran ingin melihat kemajuan Kota Pekanbaru yang kian menyenangkan. Sehingga bisa menjadi acuan dalam pengembangan kota di wilayah masing-masing,” kata Mahyeldi dalam pidatonya saat pembukaan yang juga Ketua Komwil I APEKSI periode 2015-2018.

MUSKOMWIL I APEKSI tahun 2018 mengusung tema: Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah Bidang Kependudukan dan Insfrastruktur.

Dalam hasil sidang pleno yang dilakukan 24 Walikota dari 5 provinsi se-Sumatera, memilih Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT sebagai Ketua Komisariat KOMWIL I APEKSI untuk periode 2018 hingga 2021 menggantikan H Mahyeldi Ansharulla SP.

Apalagi saat rombongan APEKSI juga diajak city tour ke Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Dinas Kominfo Pekanbaru di Jalan Pepaya.

Walikota Padang Mahyeldi dalam peninjauan ini memberi apresiasi kepada Walikota Pekanbaru Dr.H Firdaus MT sebagai tuan rumah MUSKOMWIL I APEKSI yang telah mempersiapkan secara matang perhelatan ini.

“Terus terang saya kagum melihat Kota Pekanbaru ini, melihat ramainya yang hadir, kagum dengan tatanan Kota Pekanbaru yang bersih, rapi dan pembangunan yang pesat,” ujar Mahyeldi kepada wartawan.

Dari pemaparan pihak Pemko Pekanbaru, Mahyeldi juga mengagumi master plan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City.

Maka dengan adanya kegiatan ini, ia berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Seperti kita lihat tadi di pusat Perkantoran Tenayan, Pekanbaru Command Center ini, menjadi inspirasi bagi kami yang hadir untuk mendatangkan ide cemerlang lainnya untuk membangun wilayah kerja kami masing-masing nantinya,” terangnya.

Mahyeldi memuji program Walikota Pekanbaru Firdaus MT yang begitu religius, yakni: menjadikan Pekanbaru Kota Metropolitan yang Madani. Kemajuan yang terjadi di Kota Pekanbaru menjadi inspirasi bagi dirinya untuk dijadikan untuk program nantinya di Kota Padang. (Rudi Hermansyah/Pekanbaru.go.id/datariau/riaueksis/riauair/Adv)

Print Friendly, PDF & Email