ASN Pemprov Riau Resah dan Menjerit: Honor, TBK dan SPJ Tak Kunjung Cair!

oleh
Jasa Website murah

Saturealita.com-Entah apa yang terjadi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, yang pasti sudah tiga bulan ini Aparatur Sipil Negara (ASN) resah dan menjerit. Pasalnya, hingga kini Tunjangan Beban Kerja (TBK) tak kunjung cair.

“Sudah tiga bulan ini TBK tidak kunjung cair. Kami pun, belum tahu apa masalahnya, Karena, tidak ada penjelasan. Padahal dana TBK ini diguna keperluan sehari-hari,” ujar salah seorang ASN yang tak bersedia identitasnya dipublikasikan kepada toRiau.co, Rabu (7/3/2018) siang.

Rehabilitasi narkoba

Menurut ASN pria ini, tidak kunjung cairnya TBK ini, tentu sangat meresahkan para PNS. Sebab biasanya, pencairan itu lancar.

”Sebagai pegawai biasa, ndak tahu mengapa hingga saat ini TBK belum cair juga. Padahal kebutuhan rumah tangga ndak bisa ditunda dan semua serba mahal. Makanya diharap cair,” ujarnya.

Diketahui, tidak ada kejelasan dicairkan TBK tersebut, hal ini jadi pembicaraan hangat ASN di lingkung Pemprov Riau. Hal itu terpantau media ini ketika berada di kantin Kantor Gubernur Riau tersebut.

Celoteh dari ASN ini, berharap TBK segera mungkin dicairkan Pemprov Riau. Sebab, besaran TBK itu per bulan sama halnya dengan sebulan gaji. “Kok TBK kita belum cair. Ini sudah tiga bulan,” tuturnya.

Pinjam Sana-sini

Dari informasi yang dihimpun wartawan toRiau.co, selain ASN yang TBK nya tak kunjung cair, para pegawai honor juga belum menerima honorariumnya sejak bulan Januari lagi. “Tak tahulah, kenapa begini terus,” ujar seorang pegawai honorer yang tak mau disebutkan identitasnya.

Keresahan juga dirasakan oleh para pejabat di lingkungan Pemprov. Mereka sulit untuk bisa melakukan perjalanan dinas karena belum kunjung cairnya anggaran untuk itu di Pemprov. Bahkan, ada pejabat yang terpaksa pinjam sana-sini untuk tetap dapat melakukan perjalanan dinas sesuai perintah tugas.

“Ya mau bagaimana lagi. Kita harus tetap menjalankan tugas dinas luar kota sesuai perintah tugas. Tapi anggarannya tak ada dan belum cair. Ya, terpaksa pinjam sana-sini. Itupun kadang sudah tak ada lagi yang mau meminjamkannya,” ujar seorang pejabat di lingkungan Pemprov Riau yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Terkait keluhan PNS ini ketika dikonfirmasikan kepada Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, selaku pihak berkompeten, dia mengakui keluhan ASN terkait TBK. Saat ini, kata Sekdaprov, semua sedang diproses.

“Ya, benar itu ada keluhan dari PNS terkait TBK tidak kunjung cair. Memang kalau dihitung-hitung sudah memasuki bulan ketiga. Diharapkan semuanya bersabar dulu. Sebab itu kan butuh diproses,” sebutnya. (dairul)

sumber : toRiau.co

Print Friendly, PDF & Email