Berbasis Kuliner, Pelatihan Food Festival Dispar Riau Resmi Digelar

oleh
Kabid Ekraf Dispar Riau Dandun Wibawa, menyaksikan penggalungan tanda peserta seminar Food festival (foto Istimewa)
Jasa Website murah

Saturealita.com Inhu-Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, menyelenggarakan kegiatan pelatihan Food Festival.

Kegiatan pelatihan Food Festival sektor ekonomi kreatif ini berlangsung di Danau Raja Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu) 21-23 Maret 2018.

Rehabilitasi narkoba

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Ekraf Dispar Riau Dandun Wibawa melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Kerjasama Ekonomi Kreatif Bero Soekarno M Sn, bahwa sektor ekonomi kreatif senantiasa digesa untuk menopang pariwisata Riau yang selalu bergeliat.

Berbagai usaha dilaksanakan untuk menggerakkan dan menggesa 16 sub sektor ekonomi kreatif, sebagian besar Riau memiliki potensi.

“Salah satu sektor andalan kita yang terus dibina adalah kuliner. Sementara Riau sangat kaya dan memiliki karakter berbeda dengan daerah lain”,ungkapnya, Rabu (21/03/2018) usai pembukaan.

Ia menambahkan, hampir setiap daerah kabupaten memiliki berbagai ragam kuliner dan unggulannya masing-masing. Dari catat ada 500 ragam menu khas Riau, sebagian besar dapat dengan mudah ditemukan.

Apalagi, makanan berbahan sagu, telah membukukan rekor muri dengan jumlah 369 jenis menu olahan berbahan sagu.

“Untuk itulah, kami mencoba mengembangkan kuliner Riau, melalui berbagai kegiatan maupun festival”,jelasnya.

Kemudian, pelatihan Foot Festival bukan sampai dikabupaten Inhu saja, melainkan pelaksanaannya akan berkelanjutan, direncanakan Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu dan puncaknya berupa festival di Pekanbaru.

Untuk didaerah kabupaten , kegiatan dititik beratkan pada pembinaan dan pelatihan kuliner dengan bahan potensi daerah setempat.

Khusus pembinaan kuliner di Inhu , pelatihan kuliner dengan olahan bahan berupa nanas, talas dan kopi. Tentu saja bahan tersebut akan diolah menjadi sajian menu baru, dengan menghadirkan sebagai pemateri, Riany Linardi, Irvan ( Jakarta), Dinawati S.Ag, Nony ( Pekanbaru) dan Yammi Yantuna (Inhu).

“Kami berharap, dengan kegiatan pelatihan Food Fetival, mampu mendongkrak kemajuan dan keunggulan kuliner setiap daerah masing-masing”,pungkasnya (***).

Print Friendly, PDF & Email