Suwardi MS: Berkas Penelitian dan Kajian Sudah Diajukan

oleh
Ketua TP2GD Riau Prof H Suwardi MS
Jasa Website murah

Saturealita.com Pekanbaru-Perjalanan panjang, pengajuan Mahmud Marzuki sebagai Pahlawan Nasional dari Kabupaten Kampar, penelitian dan pengkajian sedang diantar ke Kementrian Sosial Republik Indonesia (RI).

Demikian dikatakan Ketua Penelitian Pengajian Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Riau Profesor H Suwardi Muhamad Samin (MS) yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang dan Keputusan Gubernur Riau, sebenarnya pengajuan Pahlawan Nasional Mahmud Marzuki melalui perjalan cukup panjang memakan waktu bertahun-tahun.

Rehabilitasi narkoba

“Sebelumnya, sejak tahun 1982 bekerjasama dengan Universitas Riau telah meneliti dan mengkajinya, sehingga terciptalah sebuah buku yang diketua Umar Amin”, katanya, Selasa (11/9/2018) kemarin.

Berkas biografi Mahmud Marzuki dalam bentuk buku

Ditambahkan Prof Suwardi MS, pengajuan Pahlawan Nasional, bukan hanya ditujukan kepada Mahmud Marzuki saja, namun juga Raja Nara Singga dari kabupaten Indragiri Hulu.

“Hanya saja, dalam penelitian dan pengkajian berkas kami tentang Raja Nara Singga harus berdasarkan sejarah Protugal, karena pada waktu itu melawan Protugis dan data biografi ada disana, juga keterbatasan dana”,ungkapnya.

Kembali pengajuan Mahmud Marzuki sebagai Pahlawan Nasional asal kabupaten Kampar Provinsi Riau, dilakukan penelitian dan pengkajian pada tahun 1988 terdiri dari tokoh masyarakat.

Kemudian, tahun 2008-2016 sempat fakum dan tidak ada tindak lanjutnya. Pada tahun 2017 dilanjutkan langsung sebagai ketua Tim Suwardi MS.

“Itupun, saya diminta untuk kembali memperbaikki dengan cara pembuatan buku secara terpisah baik biografinya, sejarah perjuangannya, riwayat hidup, ahli waris dan rekomendasi”, paparnya.

Berkas surat rekomendasi Mahmud Marzuki dalam bentuk buku

Terkait perhatian pemerintah, dalam hal ini sangat mendukung sekali, sampai Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin meminta segera dilengkapi dan secepatnya diantar.

“Alhamdulillah, saat ini kelengkapan penelitian dan pengkajian sudah dibawa oleh Novrizal dan Nursal yang juga gencar mempromosikan Mahmud Marzuki sebagai Pahlawan Nasional”,pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email