Siapkan Pariwisata Riau, Menghadapi Revolusi 5.0?

oleh
foto saturealita.com
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com-Universita Islam Riau (Unri) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Lancang Kuning Nusantara (LSP-PLKN) dan Dinasa Pariwisata Provinsi Riau, mengelar kegiatan dalam bentuk Talkshow Pariwisata.

Kegiatan yang berlangsung, Kamis pagi (11/4/2019) pagi kemarin bertempat disalah satu hotel Pekanbaru, mengangkat tema “Siapkan Pariwisata Riau, Menghadapi Revolusi 5.0?”

Rehabilitasi narkoba

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut hanya menghadirkan dua narasumber sebagai pembicara yakni langsung Direktur LSP PLKN Riau Drs Riyono Gede Trisongko MM dan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau Drs Fahmizal MM.

Dua narasumber ini mempunyai potensi berbeda-beda, dalam mengemas serta menjual pariwisata Riau ini, hingga kemanca negara.

Pemaparan pertama yang disampaikan Kadispar Riau Drs Fahmizal MM, lebih mengarah kepada sistim pasar global, membuka lini secara umum dengan mengabungkan semua sektor, baik menual maupun tenaga teknologi saat ini.

“Saya berpendapat, untuk memajukan sektor pariwisata ini, memang tidak bisa sendiri saja, melainkan berbagai lini yang terjadi pada saat ini, barangkali bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan pariwisata itu sendiri”,kata Fahmi.

Kemudian, pada kesempata ini pula, dihadapat peserta talkshow, dirinya berpesan, kepada semua elemen, termasuk para siswa dan siswi yang sekarang ini menghadapi zaman serba teknologi, hendaknya mampu mengembangkan pariwisata lebih baik lagi.

“Sekarang ini apa yang tak bise dibuat oleh manusia dijagat raya ini. Berbagai aplikasi untuk mengakses segala bentuk bisa dan mampu menyesuaikan stuasi dan keadaan. Saya sangat mengharapkan sekalai, sebagai orang yang dituakan setingkat dalam mengemas dan mengembangkan sektor pariwisata diwilayah provinsi Riau, mari bersenergi mengemas pariwisata lebih baik dan konsisten dalam mengapai mimpi menjadi kenyataan”,papar pria berkaca mata bening ini.

Ditempat yang sama, pembicaraan dilanjutkan narasumber kedua yang disampaikan langsung Direktur LSP PLKN Riau Drs Riyono Gede Trisongko MM lebih mengarah kepada sistim ilmuan dalam dalam hal ini Human Touch mengemas dan mengembangkan sisi komunikasi kemanusiaan sebagai keunggulan teknologi atau artfisial intelegent kepariwisata khususnya di Provinsi ini.

Menurut sosok pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau ini, revolusi 5.0 merupakan new literation for tourism yang penting dipedomani bagi pengembangan pariwisata yang tidak terlepas peran aktif manusia itu sendiri.

“Saya rasa, secangih apapun pola maupun sistim teknologi yang dikatakan mulai revolusi 1.0 samapai 5.0? semuanya tak terlepas peran aktif manusia itu sendiri yang mampu mengaplikasikan atau mengakses perubahan fenomena yang bakalan terjadi maupun yang akan berubah”,tegasnya.

Riyono begitu sapaan akrabnya, menyarakan paduan teknologi untuk sebuah tema Siapkan Pariwisata Riau, Menghadapi Revolusi 5.0?. “Saya rasa jawaban yang paling tepat, mau tidak mau, suka atau tidak suka dan segala macamnya, kita wajib ditantang dengan bergeraknya sistim teknologi yang tidak selalu tepat pada posisinya, ia akan terus bergerak mengikuti arah sesuai dengan fungsinya”,jelasnya kembali.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan talkshow pariwisaa
yang ditaja oleh Unri, memboyong pesertaa dari siswa dan mahasiswa berbagai sekolah maupun perguruan tinggi yang ada di kota Pekanbaru ini.

Menurut ketua pelaksana Riszki Simatupang mengaku sebanyak 150 peserta darai berbagai sekolah maupun perguruan tinggi dikota Pekanbaru memadati ruang talkshow dengan hikmat mengikuti acara hingga selesai.

“Saya atas nama ketua pelaksana, mengucapkan terimakasih kepada dua narasumber dan sekaligus mendukung kegiatan ini, sehingga berjalan lancar, aman dan nyaman”,pungkasnya. (***).

Print Friendly, PDF & Email