Unad Padang Menjadi Pengasuh Uniks

oleh -2,490 views
Keterangan foto : Narasumber dari Unand, Pembina dan Pengurus Yayasan, Uniks, Rektor diwakili wakil Rektor II, dosen-dosen Dekan, Ketua Prodi, Bidang dan Lembaga Lingkungan Uniks lebih kurang dengan peserta 30 orang

PEKANBARU Saturealita.com- Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) akan menjadi asuhan Universitas andalas (Unad) Padang, dalam pembangunan mutu menjadi Perguruan Tinggi Unggul (PTU) Indonesia.

Wancana ini, kalau tidak ada halang melintang akan diprogeskan pada tahun 2034 mendatang.

“Saat ini kita sedang membahas kelayakan dalam seminar Lokakarya yang digelar mulai dari tanggal 24-29 Juni 2019 dengan tema, pembangunan dan pengembangan mutu perguruan tinggi langsung dari asuhan Unand padang ke Uniks”, kata Prof Suwardi selaku Pembina Yayasan Uniks MS, Senin siang (24/6/2019) melalui pesan singkat WhastApp.

Kemudian Prof Suwardi MS mengungkapkan, bahwa pada hari ini, sedang berlangsung penyampaian serta arahan, agar supaya Uniks jadi universitas unggulan di indonesia beberapa tahun kedepan.

Mengenai tujuan tentunya selaku Ketua Pembina Yayasan Uniks, melihat dan mengingat mutu menentukan lulusannya sehingga mereka menjadi sumber daya manusia (sdm) yang berguna terutama didaerah, dinas serta jika mungkin di Negeri Serumpun hakni Malaysia

Tentang kehadiran Unad Padang, tentunya ucapan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT dan serta Syalawat beserta salam kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW, bahwa berdirinya Uniks sebagai tindak lanjut pemekaran menjadi kabupaten otonomi dengan alasan, negeri ini bisa jadi otonom karena dari sejarah dan adatnya negeri ini sudah otonom sejak kerajaan kandis atau negeri duapuluh kurang oso dimana pemimpinnya dan rakyatnya saling betobo mencari sumber dana dan komoditi utk memenuhi kehidupan.

Negeri berpusat dikoto-koto dipimpin para datuk-datuk urang godang di masing-masing wilayah yakni, 4 koto dimudik, 5 koto ditongah, 4 koto dihilir 4 koto gunung pucuk rantau, logas tanah darek gajah tunggal lubuk jambi dan Kuantan Sengingi ada 7 koto dipimpin ulama dan pemuka adat. Uniks ini dimulai dengan sekolah tinggi unggulan seperti teknologi, pertanian, dan Sekolah Tinggi Islam, sejak 2001 dipadu dengan 4 fakultas 2013 meliputi teknologi, pertanian, ilmu sosial dan fakultas Tarbiyah, sudah mewisuda 1000-an mahasiswa lulusan sampai tahun 2018 yang lalu.

Tambahan lagi kuansing negeri tua mempunyai bukti-bukti sejarah purbakala yang perlu digali disamping berbudaya betobo, pacu jalur, perahi bagjandung serta musik rarak godang, silek pangean dan dekar batuah, nyanyian serta tarian, randai kuantan, kayat, zikir, robab. Makanan spesifik banyak pula, seperti otun udang, gulai ikan salai atau karasak, kalip daging, makanan ringan karupuk sagu, lopek pisang, kue talam ubi.

Potensi itu untuk keperluan ilmu dan pengetahuan memberikan keunggulan dan bisa jadikan pariwisata. Yayasan mendukung sekali usaha ini. “saya mengucapkan terima kasih kepada Unsnd padang yang dipercaya menjadi pengasuh pembangunan perguruan tinggi unggulan uniks, semoga peserta lokakarya akan mengikuti acara dan karya peserta akan menentukan keberhasilan usaha ini”, pungkasnya. (***)