Aziz : Dengan Iven dan Aktifitas Taman Budaya Seniman Kembali ke Rumahnya

oleh -2.022 views
Aziz Fikri

PEKANBARU Saturealita.com- Bertempat di laman Taman Budaya Riau, Jalan Sudirman, sebanyak 25 komunitas seni yang ada di Riau, bakal unjuk kebolehan lewat pagelaran yang akan dimulai Malam ini, Rabu (10/7/2019).

Kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini akan dilaksanakan selama sebulan penuh, mulai 10 sampai dengan 9 Augustus 2019.

Demikian disampaikan Penanggungjawab Teknis Kegiatan, Aziz Fikri, Rabu (10/7/2019) siang di Laman Bandar Seri Kemuning Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

“Ya, kegiatan ini merujuk kepada aturan tiga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dalam Negeri dan Keuangan Republik Indonesia (RI). Dimana untuk membangkitkan seni dan budaya di Indonesia, perlu dialokasikan Dana Khusus. Nah, kita salah satu provinsi yang masuk Pantasan kementrian,” terangnya,

Dikatakan Aziz, untuk melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya sudah mengundang 25 komunitas untuk mengisi 25 plus tiga workshop. Semuanya akan dimulai malam ini.

Diantaranya iven-iven tersebut meliputi, pagelaran dan diskusi. Jika malam tak ada pagelaran, malamnya akan diadakan pemutaran film yang berkaitan dengan kebudayaan.

“Dalam hal Ini kita memang menjemput tradisi, mempertimbangkan dan menyibak masa depan. Ini penting karena kita tak bisa lepas dari kebudayaan. Setregi kebudayaan yang baru pertama kali ini dilakukan, itu bagaimana semua daerah menghadirkan kebudayaan lokal yang ada. Seperti tradisi manumbai, rentak bulian, tradisi dari Suku laut dan lain sebagainya,” terang Aziz.

Dia berharap, dengan iven ini aktifitas taman budaya menggeliat seniman kembali ke rumahnya untuk melahirkan karya-karya seni. Untuk itu, Dia mengimbau kepada kalayak ramai untuk menghadirkan Kenduri Seni Rakyat Riau 2019. (***)

Jasa Website Pekanbaru