Teater Bangsawan RBTM Pekanbaru Tampil Memukau, Antusias Penonton Luar Biasa

oleh
Para pemain Tiater Bangsawan RBTM Pekanbaru foto bersama dengan Kepala Disbudpar Riau R Yoserizal Zen (foto Siswandi)
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com- Malam ke-9 Kenduri Seni Rakyat Riau 2019, menampilkan tiater bangsawan dari Rumah Budaya Tengku Mahkota (RBTM) Pekanbaru.

Penampilan tiater bangsawan dikutip dari tulisan Ade Darmawi dan diadopsi sekaligus disutradarai oleh Muhammad Reza Akmal.

Rehabilitasi narkoba

Menurut Reza, cerita ini diangkat tentang masa kerajaan Melaka, dimana dalam kisah tersebut sang raja Sultan Muhammad Syah diracuni secarik sehelai daun sirih dan ada juga mengatakan, penyakit yang diderita menyita usianya yang sudah tua.

Penampilan Tiater Bangsawan RBTM Pekanbaru diperhelatan Kenduri Seni Rakyat Riau 2019 (foto Siswandi)

“Agar tidak jenuh dan terkesan menoton, konsep tiater bangsawan cerita terdahulu kami kaitkan dengan kondisi sekarang, dimana perebutan tatah putra mahkota atau sang pemimpin yang mana masyarakat dihadapi bermacam masalah, apakah itu berpecah belah atau perdamaian yang kunjung tak terselesaikan”, Kata Reza Kamis malam, (18/7/2019) bertempat rumah tiater terbuka Taman Budaya Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau.

Diakui Reza, bahwa penampilan tiater bangsawan RBTM Pekanbaru, tergolong baru pertama kali atau dikatakan karya perdana ditahun 2019 ini.

Inang kerajaan dalam Tiater Bangsawan RBTM Pekanbaru (Foto Siswandi)

Tambahnya, RBTM baru berdiri beberapa bulan yang lalu, namun para pemain sudah ada yang berkarya beberapa tahun lalu.

“Alhamdulilah, walaupun penampilan perdana antusias penonton sangat luar biasa, apa lagi perhekatan ini disport oleh TB Disbud Riau, sehingga para komunitas yang ada di Pekanbaru Riau pada umumnya, bergiat berkesenian”, terangnya.

Kemudian, ulasan yang dibahas dalam bentuk ruang diskusi, memang sangat diharapkan sekali dukungan penuh dari pemerintah, guna menubuh kembangkan seni kebudayaan melayu dijagat raya ini.

“Saya mengapresiasi kepada Pemerintahan dalam hal ini TB Disbud Riau yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan kami akan berusaha menampilkan yang terbaik, tentunya dengan inovasi terbaru, agar penampilan tiater bangsawan tidak terkesan kuno atau menoton”, harapnya sembari mengatakan, RBTM Pekanbaru pernah tampil di Taman Mini Indonesia (TMI), Universitas Sastra Negara dan Dewan Kesenian Lampung dengan tema membawa bangsawan ke Ibu Kota. (***)

Print Friendly, PDF & Email