Perempuan LAM Riau Belajar Zapin Meskom

by -3,817 views
Perempuan LAM Riau Belajar Zapin Meskom

PEKANBARU Saturealita.com- Perempuan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau yang tergabung dalam kepengurusan DPH (Dewan Pimpinan Harian) semakin memperlihatkan kepeduliannya terhadap kebudayaan Melayu.

Setelah pekan lalu mengadakan diskusi bertajuk Adat Perkawinan, sore tadi sebanyak 30 orang perempuan LAM belajar tari Zapin Meskom yang dilatih Ketua Bidang Seni Budaya Perempuan LAM, Baiduri Zam, SH, M.Si.

“Puan puan yang tergabung dalam Perempuan LAM sangat antusias belajar Tari Zapin Meskom. Latihan yang dilaksanakan ba’da Ashar ini direncanakan latihannya tiga kali dalam seminggu,” ujar Baiduri Zam, Kamis kemarin (25/7/2019) di Balai Adat LAM Riau.

Kegiatan perempuan LAM yang dinaungi Bidang Pelatihan Adat DPH LAM Riau di bawah pimpinan Ketua Bidang Dra Alzuhrah Dinialinoni, M.Si ini, merupakan bukti kepedulian perempuan terhadap seni budaya Melayu, termasuk seni tari.

Diakui Baiduri bahwa seni tradisi di Provinsi Riau sangat banyak dan beragam sehingga memerlukan ruang dan waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya. Namun demikian, ke depan Perempuan LAM akan berupaya mempelajarinya secara bertahap.

“Semangat kebersamaan perempuan LAM menjadi pelatukpicu bagi kami untuk berbuat bagi pelestarian dan pengembangan seni budaya Melayu itu sendiri. Kami juga butuh dukungan dari Datuk Datuk di LAM Riau,” harapnya.

Selain belajar tari Zapin Meskom, nantinya juga dipelajari tari Zapin Siak, Gebane dan lain sebagainya. “Pak OK Nizami Jamil yang juga maestro Zapin Siak bersedia mengajari kami. Pak OK Nizami pernah menawarkan kepada anak muda untuk belajar Zapin Siak,” ujar Baiduri. (***/rilis)