Tampil Dengan 4 Penyaji, Sanggar Batin Sembilan Dapat Respon dan Tepuk Tangan Gemuruh

oleh -2.598 views
Tari Zapin Tradisional dari Kabupaten Bengkalis tampil pada Pergelaran Kenduri Seni Rakyat Riau 2019 bertempat Taman Budaya Disbud Riau (foto Siswandi)

PEKANBARU Saturealita.com- Sanggar Batin Sembilan dari Kabupaten Bengkali, pada Pergelaran Kenduri Seni Rakyat Riau 2019 menampilan 4 penyaji yakni Tari Zapin Tradisi, Musik Gendang Nafiri, Zapin Kreasi dan Atraksi Kompang Berarak.

Penampilan ke-4 penyaji ini mendapat respon positif puluhan penonton dan tepuk tangan gemuruh, bertempat Gedung Olah Seni (Gos) Taman Budaya Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Jum’at malam (26/7/2019).

Menurut pimpinan Batin Sembilan Musrial, bahwa kesenian yang ditampilkan malam ini merupakan asli dari orang tua terdahulu, tampa mengurangi atau menambahnya.

Tari Zapin Kreasi (foto Siswandi)

“Kami sangat bersyukur, karena Kabupaten Bengkalis masih menyimpan dan melestarikan keaslian tari zapin tradisional”,katanya dalam diskusi usai penampilan.

Tidak sampai di Tari Zapin Tradisional saja, beragam bentuk musik seperti Gendang Nafiri Atraksi Kompang Berarak, juga masih terjaga dengan baik dan selalu dipakai dalam acara tepuk tepung tawar serta mengiring silat.

Atraksi Kompang Berarak (foto Siswandi) 

“Kami sangat berharap sekali, melalui penampilan ini, dapat membangkitkan kembali gairah generasi muda untuk dapat mempelajari. Kalau bukan kita siapa lagi”, pungkasnya (***)

Jasa Website Pekanbaru