H Sukiman Dengan Dialiri Listrik Diharapkan Ekonomi Masyarakat Meningkat

by -2,715 views
Pemkab Rohul menggelar syukuran 100% Desa Berlistrik

Rokan Hulu Saturealita.com- Perusahan Listrik Negara (PLN) Wilayah Provinsi Riau telah listriki dua desa yaitu Desa Kasang Padang dan Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darusalam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dengan terlistrikinya dua desa tersebut maka, seluruh desa di Kabupaten Rokan Hulu telah terang menderang.

Sebagai wujud syukur, PLN bersama Pemkab Rohul menggelar syukuran 100% Desa Berlistrik, dihadir langsung Bupati Rokan Hulu H Sukiman, General Manager PLN UIW Riau dan Kepri M. Irwansyah Putra, beserta jajaran Manajemen PLN, dan Forkopimda setempat.

Dalam Sambutannya, General Manager PLN UIW Riau dan Kepri, M. Irwansyah Putra, mengungkapkan rasa syukurnya atas telah tercapainya 100% Desa Berlistrik di Kabupaten Rohul.

“Alhamdulillah, kini telah tersambung listrik PLN ke dua desa terakhir yaitu di Desa Kasang Padang dan Desa Bonai, sehingga Kabupaten Rohul saat ini telah 100% Desa Berlistrik PLN,” ujar Irwansyah.

Untuk melistriki dua desa ini, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 30,60 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 13,95 kms, dan 3 Gardu Distribusi berkapasitas 420 kilo Volt Ampere (kVA) dengan nilai investasi sebesar lebih kurang sebesar 16 miliar rupiah.

Irwansyah menambahkan bahwa untuk menyambung listrik di dua desa ini banyak tantangan yang dihadapi seperti pembebasan lahan, akses infrastruktur yang belum memadai, dan sempat terjadi banjir di Desa Kasang Padang yang menghambat proses pembangunan jaringan di desa tersebut. Namun, dengan sinergi dari pemerintah setempat dan juga masyarakat desa, Alhamdulillah dapat tersambung.

Ditempat sama, Bupati Rohul H Sukiman, berharap, dengan masuknya listrik desa ini bisa berdampak positif bagi masyarakat dan potensi ekonomi dapat berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Hadirnya listrik diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di dua desa tersebut, seperti munculnya usaha-usaha pengolahan hasil perkebunan dan pertanian,” ungkap Sukiman.

Teralirinya seluruh desa di Kabupaten Rohul, kini Rasio Desa Provinsi Riau mencapai 95,70%. Dan untuk ditahun 2019 ini, PLN UIW Riau dan Kepri menargetkan seluruh desa di Provinsi Riau 100% teraliri listrik. Saat ini PLN telah mengaliri listrik di 1779 desa, sehingga ada sebanyak 80 desa lagi yang menjadi tugas bagi PLN.

Dalam acara ini PLN juga memberikan bantuan CSR sebesar Rp 738.352.000,-. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan sarana dan fasilitas untuk 5 desa dan 2 yayasan di Kabupaten Rokan Hulu.

Dengan pemberian anggaran CSR oleh PLN, Kepala Desa Pasir Intan, Sudirman Susilo yang mewakili dari ke lima Kepala Desa tersebut mengucapkan terimakasih dan memberikan komitmenya untuk memberikan dukungan kepada PLN dalam hal nihil tunggakan listrik tiap bulannya dan membantu menjaga aset PLN yang berada di Desa.

“Sebagai bentuk dukungan kami atas bantuan CSR yang diberikan PLN, kami berkomitmen bersama Kepala desa lain dan warga desa untuk melunasi tagihan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulannya, sehingga desa kami nihil tunggakan listrik PLN” pungkas Susilo. (***/Riri)