Gusri : Bertujuan Menumbuhkan Semangat Kebangsaan di kalangan Generasi Muda

oleh
Foto bersama usai pelaksana upacara bendera
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com- Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya menjadi milik kalangan elit dan pejabat di negara ini. Masyarakat di tingkat lingkungan Rukun Tetangga pun tak mau kalah heroik memperingatinya dengan melakukan upacara bendera.

Seperti yang dilakukan warga di lingkungan RT 02/RW 05 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Mereka pun ikut memperingati Kemerdekaan ke- 74 RI dengan melakukan upacara bendera.

Rehabilitasi narkoba

Upacara bendera, yang dipimpin langsung oleh Bripka Eko Wahyu NB SH MH Bhabinkamtibmas Keluruhan Sidomulyo Timur, ini diikuti hampir seluruh warga di lingkungan RT 02 RW 05, baik orang tua maupun anak-anak ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka menggunakan pakaian daerah berbagai suku, seperti, Melayu, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Jawa.

Saat pelaksanaan upacara bendera dilingkungan RT 02 RW 05 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru

“Kegiatan ini terutama ditujukan untuk membangun kebersamaan warga. Termasuk menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda,” kata Ketua RT 02 Gusri, Sabtu (17/8/2019) bertempat dilapangan Masjid Nurul Ikhsan Jalan Irkab.

Sejak pukul 08.00 WIB, warga sudah terlihat mempersiapakan kegiatan ini. Mereka mempersiapkan segala peralatan upacara secara bergotong royong. “Ada yang menyiapkan tiang bendera, pengeras suara, dan lain-lain,” jelas Gusri.

Gusri berharap kegiatan ini akan terus bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dikatakannya, saat mempersiapkan upacara dan kegiatan-kegiatan peringatan kemerdekaan, warga menjadi lebih sering bertatap muka dan berkomunikasi. Sehingga keakraban dan silaturahim antar warga menjadi semakin baik.

Tokoh Pemuda Surya Darma Bersama Kanit Bhitmas Polsek Bukit Raya AKP H Amir Said

Ditempat yang sama, Tokoh Masyarakat, Dusman Insar menceritakan, kegiatan ini sudah berjalan lebih kurang 4 tahun, namun seogianya sudah 5 tahun, tapi terkendala saat peringatan kemerdekaan pada tahun 2018 bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha, sehingga fakum.

Kemudian Dusman mengatakan, awal terbentuknya kegiatan ini didasari oleh tokoh-tokoh masyarakat yang juga sudah ada almarhum bernama H Sukiman dan Paniran.

“Alhamdulillah, dari tiga tahun sebelumnya, kegiatan ini terus meningkat, baik sistim pelaksanaan maupun kegiatan lainnya”,ungkapnya.

Terkait dengan pelaksanaan upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019, berjalan dengan hikmat, tak kalah seperti upacara-upacara yang dilakukan instansi pemerintahan maupun swasta lainnya secara daerah maupun nasional.

Tokoh masyarakat RT 02 RW 05 Kelurahan Sidomulyo Timur Gusman Insar

Dalam pelaksanaan tersebut dihadiri oleh Kepala Unit (Kanit) Bhinmas Polisi Sektor (Polsek) Bukit Raya Pekanbaru Ajun Komisaris Polisi (AKP) H Amir Said dan para tokoh pemuka masyarakat Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.

Pada kesempatan ini AKP H Amir Said mengungkapkan, sangat kagum pelaksanaan kegiatan ini dan diharapkan, tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Saya apresiasi kepada semua tokoh masyarakat maupun pemuda dan pemudi dilingkungan RT 02 RW 05 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Marpoyan Damai, yang mampu menyatu padu dalam mempertahankan nilai nasionalime kebangsaan”, paparnya.

Selanjutnya, sebagai Inspektur upacara Bripka Eko Wahyu NB SH MH, Bhabinkamtibmas Keluruhan Sidomulyo Timur, menilai kegiatan yang luar biasa ini, sangat jarang sekali dilakukan oleh banyak orang. Apa lagi kegiatan ini melibatkan semua lapisan masyarakat setempat.

Inspektur upacara Bripka Eko Wahyu NB SH MH, Bhabinkamtibmas Keluruhan Sidomulyo Timur

“Mudah-mudahan, diharapkan kegiatan ini mampu menebus prediket terbaik salah satu contoh, bahwa masyarakat juga ikut berperan dalam menjaga nasionalisme kebangsaan, apa lagi slogan Hut Kemerdekaan
Sumber Daya Manusia (SDM) Ungul Indonesia Maju, akan menjadikan negara ini bangsa yang bermartabat dimata dunia”, terangnya.

Rangkain kegiatan, juga bisa menghalangi peredaran narkoba bagi generasi muda yang saat ini sudah meraja rela. “Saya berharap, kegiatan ini jangan sampai tandas ibarat batu dipingiran laut yang tidak hancur dihempas ombak”, urainya.

Dimeriahkan oleh anak TK RT 02

Salah satu Tokoh Pemuda RT O2 RW 05 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Surya Dharma, kegiatan agenda rutin tahun yang dilaksanakan setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI, mampu membanggun dan memupuk rasa solidaritas nasionalisme kebangsa dari berbagai suku serta tokoh masyarakat itu sendiri.

“Semoga kegiatan ini mampu memotivasi daerah lain, bisa melakukan kegiatan yang sama. Disamping itu, dengan memperingati hari kemerdekaan, berarti, menghargai jasa para pahlawan terdahulu”, pungkasnya (***)

Print Friendly, PDF & Email