Prihatin Kabut Asap Semangkin Tebal, Diminta Pemerintah Harus Konsisten Dalam Penanggulangannya

oleh
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com- Persoalan kabut asap yang sedang melanda di wilayah Provinsi Riau, menjadi topik hangat perbincangan, baik nasional maupun internasional.

Kabut asap yang tak kunjung redah, membuat Ketua Umum Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) kota Pekanbaru Agusman Sikumbang SH menjadi prihatin dan meminta, agar penanganan lebih efektif lagi.

Rehabilitasi narkoba

“Sungguh saya atas nama Ketua Umum PKDP Pekanbaru, sangat turut prihatin, kondisi kabut asap semangkin hari semangkin pekat “, katanya, Sabtu (21/9/2019).

Dengan adanya kabut asap ini, dirinya menilai, bukan hanya kerugian dari sektor pendidikan, pariwista dan ekonomi semata, namun berdampak yang sangat mengerikan yakni sakit berujung maut.

Kalau ini sudah terjadi, tentu dipertanyakan bagaimana tanggung jawab sepenuhnya pemerintah dalam penanggulangan titik api penyebab adanya kabut asap.

“Maka dari itu, saya pikir tidak ada kata lain, tetap konsisten dalam penanggulangan dan penangganan kabut asab sepenuhnya”, jelas Agusman.

Kemudian, Agus juga menyebutkan, persolan demi persoalan adanya kabut asap, memang tidak terlepas dari kejahatan manusia itu sendiri yang sengaja membakar lahannya disaat musim kemarau.

Dari persoalan ini, juga pemerintah harus jadikan perhatian khusus, karena sektor usaha lewat lahan, semua izin ada pada pemerintahan baik pusat maupun daerah.

“Jadi hemat saya, pemerintahan hendaknya sebelum timbulnya kabut asap, harus lebih ekstra dalam penerbitan atau pemberian izin kepada pihak pengusaha yang mengunakan lahan, jangan ada pembakaran lahan setiap melakukan pengembangan. Kemudian, juga perlu diadakan Undang-undang atau Peraturan pemerintah (Perda) dalam penegasan secara adil dan bijaksana, bukan tebang pilih”, jelasnya.

Beralih kepada penegak hukum dalam hal ini dari pihak Kepolisan Republik Indonesia (Polri), untuk menindak tegas, mulai dari pembakarnya hingga aktor intelektual dibalik semua ini.

“Kita sangat berharap sekali, Pemerintah harus menepati janjinya, bahwa empat tahun silam berjanji, tidak ada lagi kabut asap, tapi mana buktinya”, Pungkasnya (***)

Print Friendly, PDF & Email