Mulai Hari Ini, Anggota PWI Riau Diminta Mengirim Biodata Untuk Buku Putih 2020

by -2,082 views
Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang

PEKANBARU Saturealita.com- Mulai hari ini, Senin (30/9/2019), anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau sudah bisa mengirim biodata pribadi beserta foto untuk dimuat di Buku Putih PWI Riau Tahun 2020. Formulir bisa diminta di Sekretariat PWI Riau Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dan ditunggu pengembaliannya sampai 30 November 2019.

‘’Teman-teman seluruh pengurus dan anggota PWI Riau, baik yang berdomisili di Pekanbaru maupun di 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau, diminta segera mengisi biodatanya sebagai syarat dimuat di Buku Putih PWI Riau 2010. Formulir bisa diminta di sekretariat PWI Riau,’’ ujar Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang, kepada wartawan, Senin (30/9/2019) pagi.

Seperti diberitakan, untuk memperkenal dan mengetahui sosok maupun nama wartawan, baik media cetak, elektronik maupun siber, PWI Riau berencana membuat Buku Putih PWI Riau 2020. Buku Putih ini berisikan nama dan foto serta biodata singkat wartawan anggota PWI Riau, serta berisikan antara lain PD/PRT PWI, Kode Etik Jurnalistik, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kehadiran Buku Putih untuk memberikan gambaran umum eksistensi wartawan dan organisasi, di samping upaya transparansi dan membuka diri terhadap kritikan dan masukan dari semua pihak. ‘’Melalui Buku Putih PWI Riau 2020 ini, keberadaannya mengukuhkan eksistensi wartawan sebagai agen informasi dan demokrasi, yang mampu menghadirkan informasi jujur, akurat, dan obyektif serta pemikiran cerdas,’’ sebut Zulmansyah Sekedang.

Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau, H Novrizon Burman, mengimbau kepada anggota PWI Riau yang kartunya mati, segera diurus supaya aktif kembali. “Hanya anggota yang kartunya hidup, baik anggota biasa maupun muda, yang kami masukkan dalam Buku Putih PWI Riau 2020,” sebutnya.

Buku Putih PWI Riau 2020 direncanakan launching menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 2020. ‘’Teman-teman anggota PWI Riau diminta segera mengisi biodata pribadi dan foto warna close up. Formulir bisa diminta di Sekretariat PWI Riau, dan ditunggu pengembaliannya paling lambat 30 November 2019, dengan mengirim file biodata (word) serta foto kartu biru PWI (jpg), foto kartu UKW (jpg), dan foto wajah (jpg) ke email bp.pwiriau2020@gmail.com, nama file sesuai nama masing-masing,’’ imbau Novrizon Burman.

Buku Putih PWI Riau 2020 ini merupakan yang keempat kalinya diterbitkan dalam sejarah kepengurusan PWI Riau, pertama pada tahun 1996, kedua tahun 2003, dan ketiga tahun 2008. Dan, dari total 1.116 anggota PWI Riau tahun 2019, yang sudah lulus uji kompetensi wartawan (UKW) melalui jalur PWI ada 402 orang: Utama 91 orang, Madya 79 orang, dan Muda 232 orang. (***/rls)