PKN 2019 Riau Ikutkan Empat Cabang Permainan

by -4,008 views
Perserta PKN 2019 Provinsi Riau

PEKANBARU Saturealita.com-Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan diselenggarakan pada 7-13 Oktober 2019 di Jakarta, bakal diikuti seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Pada PKN tahun ini, Provinsi Riau hanya mengikuti lomba permainan tradisional yang akan diwakili anak-anak SMP dari beberapa sekolah yang ada di Pekanbaru. Hal ini disampaikan Chandra Alfian SPd, salah seorang dari 4 pelatih permainan tradisonal.

Menurutnya, ada empat cabang permainan yang diikuti oleh tim dari Riau. Yakni, permainan Hadang (cakbur), Enggrang, Terompah Panjang, dan permainan Balok.

“Untuk permainan Hadang, diwakili anak-anak MTsN Andalan. Untuk permainan Enggrang, 3 orang  masing-masing dari SMPN 24, SMPN 3, dan SMPN 23. Untuk Terompah Panjang diwakili SMPN 23. Sedangkan untuk permainan Balok kalau tak salah diwakili SMPN 37,” terang Chandra saat ditemui usai peluncuruan Senam Lagu Melayu, di Laman Taman Budaya, Kamis (03/10/2019) kemarin.

Terkait dengan target yang hendak dicapai, Chandra mengatakan tidak ada mematok, sebab ini merupakan kali pertama Riau ikut serta. “Yang jelas, kita akan tampil semaksimal mungkin. Makanya, jelang keberangkatan nanti, kita akan latih anak-anak kita semaksimal mungkin. Doakan kami bisa berjaya diajang PKN tahun ini,” ucapnya

Dikatakan Chandra, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan. Salah satunya menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif. (***)