Hanya Tiga Cabang Permainan, Riau Masuk Final

oleh
Kadisbud Riau Raja Yoserizal Zen saat berada di lokasi Permainan tradisional rakyat PKN 2019 di Istora Senayan GBK Jakarta Pusat

JAKARTA Saturealita.com- Permain tradisional rakyat Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019, berlangsung semarak selama dua hari.

Permain tradisional rakyat PKN 2019 bertempat di Istora Senayan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, dimulai sejak kemarin, Jumat (11/10/2019) dan finalnya, Sabtu (12/10/2019) pagi ini.

Dalam permainan tradisional rakyat PKN 2019, ada empat kategori yakni, Hadang, Terompa Panjang, Lari Balok dan Egrang.

Dari empat kategori permainan, Tim Provinsi Riau, hanya tiga cabang yang menduduki final seperti, Hadang, Terompa Panjang dan Lari Balok.

Sementara untuk terompa panjang, dan Egrang tim riau gagal meraih juara.

Dari hasil final, juara pertama diduduki oleh Provinsi Bali, dua, Jambi dan tiga Riau.

Informasi yang dapat, permaian tradisional rakyat Hadang, Riau sudah dipastikan dipastikan pegang juara dua, apa bila dikalah oleh Provinsi Bali. Akan tetapi bila menang Riau yang menjadi juara.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Raja Yoserizal Zen, kegiatan ini bukan juaranya yang menjadi sasaran utama, melainkan semangat dan supportivitas yang mesti dijunjung tinggi dalam menjaga marwah dan martabat Riau yang terkenal dengan berbudaya dan bersikap santun.

“Saya rasa bukan juaranya semata-mata untuk dikejar, melainkan semangat dan supportivitas yang menjadi penilaiannnya”, kata Yoserizal, usai menyaksikan pertandingan.

Ditambahkan Yoserizal, pertandingan ini, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Artinya, dulu negeri Indonesia seluruh nusantara, akrab dengan permianan tradisional rakyat semacam ini.

“Kita turut bangga, kepada Pemerintahan Republik Indonesia (RI) yang sudah berkenan mengembangkan dan memperkenalkan permainan tradisional rakyat dalam kehidupan generasi muda penurus bangsa”, pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email