Ribuan Peserta akan Ramaikan “Karnaval Kebudayaan Provinsi Riau Tahun 2019”

by -2,759 views
Sekdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie

PEKANBARU Saturealita.com- Sempena memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Pemerintah Provinsi Riau bersama Polda Riau menggelar “Karnaval Kebudayaan Provinsi Riau Tahun 2019”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu (19/10/2019) mendatang dengan titik utama acara di Jalan Gadjah Mada Pekanbaru.

Menurut Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie, Kamis (17/10/2019) kegitan ini akan melibatkan seluruh Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau dan diprediksi akan dihadiri oleh ribuan peserta. “Menurut data peserta keseluruhan yang telah diterima oleh Dinas Kebudayaan, karnaval ini akan dihadiri oleh 3000-an orang. Masing-masing Pemerintah Kabupaten/ Kota akan bersanding dengan Polres dan Kodim memeriahkan kegiatan ini,” tukasnya.

Ahmad Syah Harrofie, menambahkan Karnaval Kebudayaan ini diramaikan pula oleh berbagai kalangan komunitas dan suku yang berada di Provinsi Riau. “Seluruh keluarga besar suku di Riau telah menyatakan kesediannya untuk turut memeriahkan acara. Mereka akan pawai menggunakan pakaian adatnya masing-masing,” terangnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini nantinya akan dimeriahkan dengan pawai budaya yang langsung dilepas oleh Gubernur Riau, lomba mobil hias, penampilan musik, Reog dari keluarga besar Jawa Riau, Barongsai dari keluarga besar Tionghoa Riau, Tambur dari keluarga besar Minang Riau, kelompok musik Riau Rhitm Chambers Indonesia (RRCI), penampilan sanggar-sanggar sekolah, marching band, dan akan ditutup dengan berandai Kuantan bersama.

“Makna dari helat ini adalah merajut keberagaman. Riau sedari dulu memang terkenal sebagai wilayah yang sangat erat dengan mempersatukan perbedaan. Kebersamaan itu dapat dibuktikan dari ramainya pernyataan kalangan keluarga besar suku yang berada di Riau untuk turut bersama memeriahkan acara ini nantinya. Semangat itu pula yang diharapkan dari peringatan Sumpah PemudaPemuda,” terang Sekdaprov Riau. (***)