Raja ‌Yoserizal, Kegiatan Ini Sangat Diharapkan Guna Menjaga Kelestarian Nilai Kebudayaan Untuk Generasi Penerus

oleh
Kadisbud Riau Raja Yoserizal Zen foto bersama peserta Lomba Karya Ilmiah Kebudayaan Provinsi Riau 2019

PEKANBARU Saturealita.com-Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, melaui Bidang Pelestarian Adat Nilai Budaya, menggelar kegiatan Lomba Karya Ilmiah Kebudayaan tahun 2019.

Kegiatan ini, sudah berlangsung pada tanggal 25-27 Oktober 2019, yang diikutih oleh SMA Sederajat yang ada dikabupaten/kota Se-Provinsi Riau.

Strawberries

Menurut Kepala Disbud Riau, Raja Yoserizal Zen, kegiatan ini sangat diharapkan sekali, berkaitan dengan niliai-nilai kebudayaan itu sendiri.

“Saya rasa inu sangat penting sekali dilakukan, agar generasi muda lebih mencintai nilai kebudayaan itu sendiri”, kata Yoserizal, Sabtu (26/10/2019).

Kemudian Yoserizal menambahkan, memang diakui banyak sekali karya ilmiah yang dimiliki boleh para peserta SMA maupun SMK yang ikut dalam kompetisi tersebut.

Salah satunya dari SMK Abdurrab sebagai pemenang juara satu, dalam persentase sangat baik sekali dengan mengangkat nilai kebudayaan pengobatan tradisional yang berasal dari suku Talang Mamak Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

“Jadi saya menilai, untuk kedepannya mengapa tidak kegiatan ini,  dikembangkan terbuka untuk umum, khususnya di wilayah Provinsi Riau”, bebernya.

Terkait kegiatan ini, tidak serta-merta langsung pemilihan sebagai pemenang ataupun peraih juara umum. Tentunya mekanisme rangkaian kegiatan, diawali dengan mensurati semua SMA sederajat yang ada dikabupaten/kota se-provinsi Riau.

Surat-menyurat, dilakukan oleh tim pelaksana kegiatan, kesekolah SMA sederajat masing-masing untuk membuat sebuah makalah. Batas waktu yang diberikan oleh pihak penyelenggara lebih kurang selama tiga  bulan penuh dan jawaban makalah disamapaikan lewat via e-mail Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

Dari perjalanan lebih kurang tiga bulan penuh Jumlah makalah yang masuk email panitia hingga deadline 30 September 2019 lalu, berjumlah 47 makalah dan diseleksi oleh dewan juri meliput, Datuk Seri H Al Azhar, Datuk Taufik Ikram Jamil, Dr Junaidi, Dr. Elmustian Rahman dan Dheni Kurnia, menetapkan menjadi 11 makalah yang terbaik.

Kelanjutan acara lomba karya ilmiah Disbud Riau 2019, telah selasai dan sebagai juara I diaraih SMK Abdurrab Pekanbaru.

“Saya ucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah mengikuti secara hikmat. Bagi peserta yang belum mendapat kesempatan, tentunya jangan berkecil hati dan karya ilmiah yang sudah dipersentase juga bermanfaat guna”, pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Strawberries