Prof Suwardi MS, Paparkan Makalah Penelitian Sejarah Lokal di Riau

oleh
Prof H Suwardi MS saat memaparkan makalah tentang Penelitian Sejarah Lokal dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Sejarah 2019

PEKANBARU Saturealita.com-Dalam Seminar Nasional Pendidikan Sejarah 2019 tema, “Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Sejarah Lokal Dalam Membangun Generasi Z”, yang digelar, Senin pagi (28/10/2019) bertempat salah satu hotel Pekanbaru, menghadirkan pembicara Prof. H. Suwardi, MS Sejarahwan Nasional dari Riau.

Prof. H. Suwardi, MS diminta untuk memaparkan makalah tentang, Penelitian Sejarah Lokal di Riau.

Menurut Prof. H. Suwardi, MS, bicara masalah penelitian sejarah lokal, cukup banyak sekali potensi untuk digali. Diantara potensi-potensi tersebut, tentang peradaban pra sejarah, pahlawan daerah dan benda peninggalan lainnya.

“Pengalaman saya bersama sahabat lainnya saat melakukan penelitian, penuh dengan duka cita yang begitu amat dalam. Pasalnya, untuk penelitian yang paling wajib adalah tentang pemaparan proposal yang akan menjadi bahan penelitian”, ucapnya dihadapan para peserta seminar.

Kemudian, diluar proposal sebagai bahan referensi, juga harus mempunyai keyakinan dan kemampuan yang kuat dalam beradaptasi.

Perkembangan penelitian sejarah lokal saat ini, boleh dikatakan mengalami kemunduran. Sebab orang-orang yang akan melakukan penelitian sangat jarang sekali.

“Barangkali, melalui wadah Seminar Nasional Pendidikan Sejarah 2019, akan melahirkan peneliti muda yang berpotensi, handal, tanguh dan berdidikasi yang baik sesuai dengan ilmu dan pengalamannya”,terangnya.

Kemudian, tentang penelitian sejarah lokal yang pernah dilakukannya, boleh dikatakan cukup banyak, hingga saat ini penelitian tentang pahlawan daerah dijadikan dalam daftar pahlawan nasional, masih terus bergulir.

Salah satu bukti dokumentasi penelitian sejarah lokal, tertuang kedalam buku berjudul, “Sejarah Riau, lengkap dengan penjelasannya.

“Saya sangat mengharapkan, setelah seminar nasional pendidikan sejarah ini, mampu melahirkan peneliti-peneliti muda yang berpotensi”, pungkasnya, sembari menawarkan, bagi yang berminat untuk melakukan penelitian, bisa berbagi pengalaman dengan cara datang langsung kerumah dengan alamat Jalan Topan Pekanbaru. (***)

 

Print Friendly, PDF & Email