Dari Kunjungan Koperasi Di Riau Hingga Lawatan Ziarah Kemakam Tun Fatimah Berikut Ulasannya

oleh
Celana kuning duduk dekat Datok Zainal berkopiah adalah cicit tlTun Fatimah bernama bakar Sebelah kiri Datuk Pengetua KASM
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com- Belum lama ini, Tim rombongan Koperasi Angkasa Selangor Malaysia (KASM) melakukan studi banding kebeberapa koperasi yang ada di Provinsi Riau.

Studi banding yang berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 25-28 Oktober 2019, mengunjungi Koperasi Karyawan Minyak Caltex (KKMC) dan Simpan Pinjam syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Rumbai Pekanbaru.

Rehabilitasi narkoba
koperasi ikan patin, binaan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau.

Menurut Prof Suwardi MS sebagai penghubung mengutarakan, tujuan mereka tak lain adalah untuk membangun kerjasama dalam perkoperasian serumpun.

“Saya melihat, rombongan yang melakukan studi banding lebih kurang, 24 orang yang dipimpin langsung wakil ketua KASM Prof Adjung DR H Wan Mohtar Bin Wan Yusoff”, katanya, Selasa ( 29/10/2019) bertempat Dinas Pariwisata Riau.

KASM kunjungi Mesjid Jamik Air Tiris berusia 120 tahun

Kemudian Prof Suwardi menjelaskan, selain kinjungan ke koperasi yang ada di Riau, rombongan juga melakukan lawatan ziarah ke Makam Tun Fatimah Srikandi Malaysia (permaisuri Sultan Mahmud Syah I dan Sultan Ke-III kerajaan Kampar) yang sisa istananya berada di Koto Perambahan kecamatan Kampar Timur kabupaten Kampar.

Selain ziarah, rombongan juga menyempatkan diri berkunjung ke koto Masjid koperasi ikan patin, binaan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau.

“Dalam lawatan tersebut, mereka mengharapkan adanya kerjasama pemerintahan Provinsi Riau untuk mebuatkan semacam prasasti da hikayat Tun Fatimah tersebut”, terangnya.

Datok Zainal, Suwardi, Datok Latif, Datin Hartini, Kades Sungai Tonang Kawatan Ziarah dimakam Tun Fatimah

Terkait dengan makan Tun Fatimah, mereka juga memohon batuan bersama-sama untuk dijadikan objek wisata religi dengan membangun beberapa homestay dipinggiran sungai Kampar.

“Saya berharap, apa yang menjadi keinginan mereka mendapatkan respon positif oleh Gubernur Riau”, pungkasnya. (***)

Contoh gambar Prasasti Tun Fatimah dengan tulisan : Al fatihah
Allahummaghfirlaha
Warhamha Wa’afiha
Wa’fu ‘anha
Merindui Mu Srikandi Melayu Nusantara Tun Fatimah binti Bendahara Seri Maharaja Tun Mutahir bin Bendahara Seri Nara Di Raja Tun Ali Mangkat 1527 di Desa Sungai Tonang Airtiris Bangkinang Kampar
Kubur Permaisuri Melaka isteri kepada Almarhum Sultan Mahmud Shah ibni Almarhum Sultan Alauddin Riayat Shah (Sultan Melaka ke 8 dan terakhir 1488-1511) Raja Kerajaan Kampar (Ghajo Kampar) (1526-1528)
Mangkat 1528. Kubur ini di selenggarakan oleh Tun Fatimah Riverside Hotel Melaka

 

 

Print Friendly, PDF & Email