Satu Jam, Gubri Saksikan Mahkota Sultan Siak di Museum Nasional

oleh -2,935 views
Gubri bersama rombongan saat melihat secara langsung Mahkota Sultan Siak yang asli di Museum Nasional

JAKARTA Saturealita.Com-Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, melihat langsung dari dekat Mahkota Sultan Siak yang berada di Museum Nasional

Hampir sekitar satu jam, Gubri menyaksikan Mahkota asli di ruang Kepala Museum Nasional Siswanto.

Selama melihat dari dekat Mahkota Sultan Siak, Gubernur Riau Syamsuar tak henti hentinya berdecak kagum karena bahannya terbuat dari emas sebesar 1,8 Kg itu ditaburi berlian dan batu permata berwarna merah itu.

“Baru pertama kali saya melihat mahkota asli ini. Sungguh luar biasa pengorbanan Sultan. Selain menyumbang satu triliun untuk Republik Indonesia, ternyata juga diserahkan mahkotanya di museum ini. Masih ada yang lain seperti keris dan lainnya,” ucap gubernur sembari menyarankan agar museum untuk bersinergi dengan lembaga lainnya.

“Saya pernah melihat data tulisan Sultan di Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional,” ungkap Gubernur Syamsuar di sela-sela kunjungannya di Museum Nasional, Kamis (28/11/2019) kemarin di Jakarta.

Selama kunjungan di Museum
Nasional gubernur yang diterima Kepala Tatausaha Museum, Nurokhim. Gubernur dan rombongan terlihat kagum dan terharu karena bisa melihat langsung artefak yang sangat berharga karena dibalut emas dan batu permata itu.

“Pemprov Riau ingin menjadikan kebudayaan sebagai payung negeri kepariwisataan. Potensi budaya itu banyak, termasuk mahkota sultan ini,” pungkasnya. (***)