PLN Edukasikan Perjalanan Listrik Kepada Pelajar dan Masyarakat Umum

oleh
Stan PLN UIW Riau dan Kepri Pada Acara Pameran Riau Science Center
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.Com-Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau di jalan Diponegoro Pekanbaru membuka Pameran Riau Science Center.

Dalam pameran tersebut menempatkan alat peraga ilmu pengetahuan yang nantinya dapat dilihat atau diperkenalkan kepada pengunjung baik pelajar maupun masyarakat, salah satunya adalah alat peraga dari PT PLN (Persero) UIW Riau dan Kepri.

Rehabilitasi narkoba

PLN UIW Riau dan Kepri turut serta dalam pameran tersebut. Mengusung tema “Perjalanan Listrik” PLN menampilkan maket dan video edukasi mengenai bagaimana listrik diproduksi, yang awal mulanya listrik berasal dari Pembangkit melewati gardu induk, kemudian diteruskan melalui jaringan kabel dan trafo sampai dengan listrik dapat dinikmati di rumah.

Tajuddin Nur, selaku Manager Komunikasi PLN UIW Riau dan Kepri, menjelaskan maket yang dipajang memang bertujuan untuk mengedukasi tentang listrik kepada pelajar maupun masyarakat yang mampir ke stand PLN.

“Maket ini membuat para pelajar lebih memahami bagaimana listrik diproduksi, contohnya saja dalam maket ini ada pembangkit, nah disitu kita jelaskan pembangkit ini sumber dayanya berbeda-beda, seperti PLTA Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD ) dan juga bisa berasal dari energi baru seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Setelah itu, listrik yang dihasilkan oleh pembangkit untuk selanjutnya ditransmisikan melalui jaringan kabel untuk menuju Gardu Induk (GI) dan diturunkan voltasenya hingga akhirnya kemudian masuk ke jaringan tegangan rendah untuk dapat dinikmati di rumah-rumah,” Jelas Tajuddin.

PLN akan membuka gerai Perjalanan Listrik hingga waktu ditutupnya pameran Riau Science Center, yaitu tanggal 17 hingga 20 Desember 2019.

Pameran ini dibuka oleh Gubernur Riau, H Syamsuar, M.Si bersama Direktur Pusat Peragaan IPTEK KEMENRISTEK/BRIN, M.Syachrial Annas, harapanya dengan adanya pameran alat peraga ilmu pengetahuan ini dapat menarik pelajar dan masyarakat untuk belajar sekaligus mencetak inovator-inovator baru di Riau dalam dunia ilmu pengetahuan.

Gubernur Riau dalam sambutannya berterimakasih kepada Kemenrisetdikti RI yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam peresmian alat Peragaan Iptek sebagai sarana pembelajaran.

“Dengan dibukannya pameran Science Center Provinsi Riau ini harapannya dapat memberikan manfaat dan pemahaman serta memberikan dukungan kepada generasi pelajar untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat melahirkan generasi-generasi baru di Riau dalam dunia Iptek kedepannya,” terang Syamsuar.

Sementara itu, Direktur Pusat Peragaan IPTEK KEMENRISTEK/BRIN, M.Syachrial Annas menambahkan dalam sambutannya, sangat optimis untuk menjadikan pameran di Provinsi Riau ini sebagai langakh awal yang dapat memicu dalam tumbuh kembangnya Science Center di Provinsi Riau.

“Semoga keberadaan Science Center di Provinsi Riau dapat dijadikan sebagai pusat pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat, khususnya untuk para pelajar dan guru-guru dalam mengembangkan materi pembelajaran,” imbuh Syachrial. (***)

Print Friendly, PDF & Email