Ptl Kadispar Riau, Berikan Apresiasi Positif Dalam Rangka Mengangkat Sektor Pariwisata

by -1,817 views
Foto ist

SIAK Saturealita.Com-Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Raja Yoserizal Zen memberikan apresiasi yang positif kepada Pemkab Siak dan LAPAN karena telah sukses dalam menyelenggarakan Festival GMC 2019.

Menurutnya kegiatan itu sangat posistif dalam mengangkat sektor pariwisata Riau.

” Saya berikan apresiasi setinggi tingginya dan ucapan terimakasih kepada LAPAN dan Pemkab Siak karena telah sukses dalam menyelenggarakan Festival Gerhana Matahari Cincin,” ungkapnya.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak, menyelenggarakan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) di lapangan Bola Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, pada Kamis (26/12/2019).

Pengamatan GMC dimulai pada pukul 10.30 WIB. Kegiatan ini diawali pembacaan ayat suci Al Quran kemudian, salat gerhana berjamaah dan khutbah diikuti oleh ratusan umat Islam dari berbagai daerah di Riau. Selanjutnya kegiatan dilanjutnya zikir bersama.

Kemudia, pada pukul 11.45 WIB tiba pada pengamatan GMC. Puncak pengamatan pebertepatan waktu salat dzuhur di Kabupaten Siak, yakni pada pukul 12.18 WIB. Pada kesempatan itu sebagian besar pengunjung umat muslim melaksanakan salat dan ada juga yang melakukan pengamatan proses terjadinya fenomena langka itu.

Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional, Profesor Thomas Djamaluddin mengatakan, Fenomena GMC terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

“Fenomena ini bukan karena adanya mitos. Tetapi merupakan kebesaran yang diciptakan Allah SWT. Hal ini hendaknya bisa dijadikan sebagai wadah edukasi dan bisa membantu mendorong sektor pariwisata,” kata Djamalluddin, ketika menghadiri Festival GMC di Siak Kami (26/12/2019).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Siak, Alfredi turut menyampaikan, Pemkab Siak telah mengalokasikan anggaran khusus untuk mendukung kegiatan Festival Gerhana Matahari Cincin 2019 ini. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong sektor pariwisata di Kabupaten Siak sehingga mampu memberikan nilai ekomomi masyarakat.

“Kegiatan ini dikemas dalam iven Festival Gerhana Matahari Cincin 2019. Dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember 2019. Puncaknya hari ini (26/12/2019). Agenda untuk kegiatan ini antara lain sosialisasi GMC di sekolah-sekolah di beberapa beberapa kecamatan, pertunjukan musik, bazar, kuliner, tabligh akbar, sholat gerhana berjamaah dan pengamatan GMC”, pungkasnya. (***)