Riyono : Analisa Saya Kebudayaan Daerah Akan Menempati Porsinya

oleh
Pemerhati Kebudayaan Riau Riyono Gede Trisoko MM
Lowongan

PEKANBARU Saturealita.Com-UNESCO telah menyatakan dan mengakui Indonesia adalah negara superpower atau adidaya kebudayaan di dunia.

Pernyataan tersebut merupakan suatu pengakuan bahwa Indonesia memiliki potensi kebudayaan yang luar biasa, tak tertandingi oleh negara manapun.

Strawberries

Menurut Pemerhati Kebudayaan Drs Riyono Gede Trisoko MM, sehubungan dengan penilaian di Unesco tentang Indonesia sebagai superpower atau adidaya kebudayaan di dunia, pertama dilihat dari aspek bagaimana dengan perkembangan kebudayaan daerah di Indonesia.

“Analisa saya kebudayaan daerah itu akan menempati porsinya pada ruang-ruang baru dari hati setiap manusia. Artinya kebudayaan itu akan mencari makna atau dimaknai secara individual”, kata Riyono, Kamis (13/2/2020) diruangan kerjanya.

Kemudian, setiap orang menyikapinya dari sudui pandang di mana dia berada di mana dia hidup, bahasanya simplicity and powerful. jadi kebudayaan itu akan berubah wujudnya menjadi simplicity menjadi sesuatu yang simple yang bisa dijadikan sebuah dasar orang untuk berpikir bertindak dan berbuat menjadi sebuah gaya hidup.

Akan tetapi dia mempunyai kekuatan yang mengakar dalam kehidupan seseorang atau suatu kelompok masyarakat.

“Sekali lagi saya tekankan, kebudayaan yaitu dengan pengaruh teknologi kemajuan zaman akan mencari tempatnya tersendiri sesuai dengan alam hidupnya, dengan artikata mencari bentuk-bentuk baru dan Indonesia dengan kekayaan yang luar biasa, merupakan sebuah potensi yang unik bisa menjadi sebuah daya ungkit bagi pengembangan kepariwisataan”, pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email
Strawberries