Pelatihan Dan Pemberangkatan Relawan Kelokasi KARHUTLA Riau

by -1,431 views

Saturealita.com, Pekanbaru – Para Relawan Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sudah memperoleh pelatihan dari instruktur berpengalaman, diterjunkan ke lokasi Karhutla di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Sebanyak 11 orang relawan diberangkatkan pada Senin, 24 Februari 2020, pukul 17.30 WIB menuju Pulau Rupat, Bengkalis guna memadamkan api di lahan gambut. Relawan akan menginap di Dumai dan hari ini, Selasa, 25 Februari 2020, pukul 07.00 WIB, diantar Satpolair Polres Dumai menuju Pulau Rupat dan akan diterima Kapolres Bengkalis atau Kapolsek Rupat. Diharapkan dengan diterjunkannya para relawan ini ke lokasi Karhutla dapat membantu proses pemadaman di sana,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, MSi, melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Selasa, 25 Februari 2020.

Kapolda Riau bersama Rombongan

Para relawan tersebut merupakan Angkatan Ke-1 dari pelatihan dilakukan Posko Relawan Pemadam Karhutla dengan instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, dan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sabtu, 8 Februari 2020 lalu.
“Para relawan yang diterjunkan tersebut akan bergabung dengan petugas yang sudah lebih dulu berjibaku memadamkan karhutla di Rupat.

Para Aparat Dalam Upaya Penyiraman Lahan.

Relawan yang diterjunkan telah mendapatkan pelatihan yang memadai dari instruktur profesional. Materi yang menjadi bekal mereka antara lain teori tata cara dalam pemadamam api di lapangan, pengenalan alat-alat yang digunakan untuk pemadaman api, serta praktek pemadaman api simulasi di lapangan.

Dengan bekal materi yang memadai tersebut serta didukung oleh semangat membara para relawan diharapkan mampu mengalahkan bara api karhutla yang terjadi di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis”. kata Sunarto.

Kabid Humas Kombes Pol Sunarto menjelaskan, tak hanya mengirimkan relawan ke lokasi Karhutla di Pulau Rupat, Bengkalis, hari ini dan esok, Rabu, 26 Februari 2020, sebanyak 250 mahasiswa dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak), juga akan mengikuti pelatihan pemadaman Karhutla. “Acara ini akan dipusatkan di Kampus Unilak, Rumbai, serta Posko Relawan Pemadam Karhutla, Purna MTQ, Pekanbaru,” ungkap Kombes Sunarto.

Kapolda Riau Bersama Wakil Gubernur Riau Dan Rektor Unilak Dan Tamu Undangan Lain Nya.

Kegiatan ini akan dihadiri langsung Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Afrizal Nasution dan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SIK, M.Si. Dalam pelatihan tersebut, para relawan akan menerima materi teori tata cara pemadaman api di lapangan, pengenalan alat-alat digunakan untuk pemadaman api, serta praktik di lapangan.

Sementara itu, Rektor Unilak, Dr Junaidi, SS, MHum mengatakan, kegiatan ini implementasi dari MoU antara Unilak dengan Polda Riau dalam penanggulangan Karhutla, 30 Januari 2020 silam.
“Unilak berkomitmen melakukan pencegahan dan pemadaman Karhutla. Kami mendorong mahasiswa dan civitas akademika memiliki spirit relawan dalam penanggulangan Karhutla. Ini tanggung jawab kita semua,” kata Rektor Unilak, Dr Junaidi, S.S, M.Hum.

Di hari pertama, pelatihan akan diisi Materi Penanganan Karhutla dan Kebakaran Gedung dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) serta Polda Riau. Selain itu, para relawan juga akan mengunjungi Posko Relawan Pemadam Karhutla di Anjungan Sri Gemilang-Indragiri Hilir Purna MTQ Pekanbaru guna melihat dari dekat seperti apa penanganan pemadaman serta aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

Proses Pemadaman Karhutla.

Di hari kedua, Rabu (26/2/2020), para relawan akan mempraktikkan pemadaman Karhutla usai menerima bekal teori dari instruktur terlatih dalam pemadaman. “Kegiatan ini terlaksana atas dukungan PT RAPP menyediakan peralatan dan tim pemadam kebakaran dalam pelatihan ini. Kita berharap perusahaan swasta lainnya dapat berperan juga pelaksanaan pelatihan kebakaran,” pungkas Junaidi.

(Sumber : Bidhumas Polda Riau)