UIR Bantu Mahasiswa Kuota Internet Gratis 30 GB Untuk Kuliah Online

by -861 views
Hendra Gunawan bersama Kepala Biro Keuangan UIR Dr. Azwirman

PEKANBARU, Saturealita.Com-Universitas Islam Riau (UIR) memberi bantuan cuma-cuma kepada mahasiswa paket kuota internet gratis 30 GB Kartu Telkomsel.

Menurut Kepala Biro Simfokom UIR Hendra Gunawan, bantuan tersebut untuk mendukung perkuliahan daring yang terus berlangsung selama masa Covid-19. Sekaligus bentuk kepedulian UIR dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Paket kuota gratis merupakan kerjasama UIR-Telkomsel.

Kenapa Telkomsel? Hendra menjelaskan, karena baru provider itu yang telah mengikatkan diri bekerjasama dengan UIR.

“Provider lain belum, tapi pihaknya sedang melakukan pembicaraan ke arah kerjasama, kalau ada kesepakatan kerjasama kemungkinan dapat kita launching paket internet gratis untuk smartphone mahasiswa”, Kata Hendra, Minggu (03/05 2020).

Sejak dibuka pendaftaran paket internet gratis hingga hari ini, telah mendaftar sebanyak 4.878 mahasiswa yang berminat dengan paket gratis untuk smartphone.

Hendra Gunawan menyatakan, masih tersisa waktu dua hari lagi (Senin dan Selasa, 4-5/05 2020) bagi mahasiswa yang ingin mendaftar. Di luar batas waktu itu, ”mohon maaf kami tidak melayani lagi karena data mahasiswa yang mendaftar sudah diserahkan ke telkomsel,” tegas Hendra seperti disampaikannya kepada Humas UIR Syafriadi.

Kuota internet gratis hanya diberikan kepada mahasiswa yang telah membayar KRS (Kartu Rencana Studi) Tahun Akademik 2019/2020 semester genap. Caranya mudah, yakni dengan mengunjungi http://info.uir.ac.id/tsel/ lalu isi beberapa biodata yang terdapat di dalamnya.

”Nomor handphone telkomsel yang digunakan juga dapat didaftar disana. Sementara bagi mahasiswa yang menggunakan kartu di luar telkomsel, mohon maaf mereka harus terlebih dahulu menyesuaikan kartunya,” ujar Hendra kembali.

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL menyambut baik kerjasama UIR dengan Telkomsel. Ia menyebut, kerjasama kedua lembaga telah berjalan cukup lama. Ini dibuktikan dengan dibukanya gerai telkomsel di kampus UIR yang secara khusus menyediakan pulsa bagi mahasiswa. Bentuk kegiatan lain juga banyak. terkait masa pendemi Covid-19, UIR menyediakan kuota internet gratis untuk mahasiswa.

”Kita menyadari kuota internet menjadi kunci sukses perkuliahan daring. Mahasiswa tidak akan bisa ikut kuliah kalau hpnya tidak memiliki kuota internet. UIR membantu meringankan beban ekonomi orangtua mahasiswa melalui program peduli edukasi. Mudah-mudahan mereka bisa tetap mengikuti perkuliahan dari rumah bersama dosen-dosennya,” ungkap Syafrinaldi.(***/relis)