Gubri Gandeng Dompet Dhuafa Riau

oleh
Sambutan Gubri H Syamsuar pada acara Dalam Pelaksanaan Lounching Gerakan Menanam di Desa Kuala Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Rabu, (6/5/2020)

PEKANBARU, Saturealita.Com-Dalam pelaksanaan lounching gerakan menanam untuk meningkatkan ketahanan pangan bertempat Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Gubernur Riau (Gubri) gandeng Dompet Dhuafa Riau.

Di tanah seluas 20 hektar ini, rencananya akan ditanami jenis pangan dengan varietas jagung berbiji 18 dan ubi kayu lokal.

Kegiatan terlaksana juga atas sinergi Petani Kualu dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provin Riau

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni turut serta menanam biji jagung secara manual dan juga menanam jagung menggunakan mesin dengan sistem alat tanam jagung mekanisasi.

“Ketahanan pangan kita belum kuat, karena masih bergantung ketersediaan dari wilayah lain seperti Sumatra Barat (Sumbar) dan Sumatra Utara (Sumut). Dengan adanya gerakan ini, langkah awal untuk memperkuat ketahanan pangan,” ujar Drs.H. Syamsuar, M.Si, dalam kata sambutannya, Rabu, (6/5/2020)

Untuk itu, Gubri berharap kepada seluruh petani dan masyarakat Riau untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai lokasi untuk menanam pangan dan sayur mayur, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasokan pangan dan sayur di Riau.

“Kita tidak tahu kondisi Covid-19 kapan berakhir, kita juga tidak ingin muncul masalah baru yaitu kelangkaan pangan makanya semua perlu kita antisipasi,” ucapnya.

Selain itu, Gubri juga memberikan apresiasi Kepada lembaga sosial seperti Dompet Dhuafa dan Pemerintah Daerah yang telah mendukung gerakan dengan tujuan agar lebih masif dan dirasakan dampaknya bagi masyarakat. (***)

Print Friendly, PDF & Email