Masih Banyak Belum Melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan Pandemi Covid-19

oleh
Ket foto : ilustrasi tempat destinasi wisata Danau Buatan Pekanbaru
Jasa Website murah

PEKANBARU, Saturealita.com-Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Pekanbaru dalam sepekan ini telah melakukan pemantauan tempat destinasi taman wisata maupun tempat hiburan lainnya.

Dalam pemantauan tersebut, masih banyak pelaku wisata yang belum melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Pandemi Covid-19, seperti pengunaan masker para pengunjung, minimnya tempat cuci tanggan dan masih adanya kerumunan maupun berdekatan mengabaikan atur jarak (physical distancing).

Rehabilitasi narkoba

Menurut Kepala Bidang Destinasi Dispar Kota Pekanbaru, Indra Saputra S.sos, bagi pelaku wusata atau tempat taman rekreasi yang belum melakukan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19, untuk sementara diberi peringatan menjelang keluarnya Peraturan walikota (perwako) yang saat ini sedang diajukan dan diproses ke Gubernur Riau (Gubri).

Kabid Destinasi Dispar Kota Pekanbaru Indra Saputra S.sos

“Jika nanti sudah selesai pembahasan, akan kami informasikan apa saja sangsi yang akan diberikan kepada pelaku wisata atau taman destinasi maupun tempat hiburan yang tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19”,katanya, Rabu siang, (3/6/2020) melalui WhatsAppnya.

Kemudian, sudah berapa saja tempat destinasi maupun tempat hiburan yang sudah dalam pemantauan, sampai saat ini belum ada jawaban dari Kabid itu sendiri.

Sama halnya, untuk koordinasi tentang pemantauan protokol kesehatan pencegahan Pandemi Covid-19 ditempat taman destinasi maupun tempat hiburan lainnya, juga belum ada jawaban.

Ditempat terpisah, pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Raje Yoserizal Zen menyebutkan, sampai sekarang ini, jangan laporan tertulis, secara lisanpun belum ada.

Plt Kadispar Riau Raja Yoserizal Zen

“Jauh hari setelah dibukanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan memasuki tatanan hidup baru (New Normal) oleh walikota Pekanbaru, kami telah menyarankan, agar semua kabupaten/kota, agar dapat melaporkan mana saja tempat destinasi maupun hiburan yang telah dibuka dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19″,ujar Tok Yos.

Walaupun demikian adanya, sejak dibukanya PSBB dan masuki New Normal, terlebih dahulu sudah dilakukan pemantauan lebih awal dan hasilnya, masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19. Namun secara kasat mata, hanya baru Taman Rekreasi dan Hiburan Alam Mayang Pekanbaru yang sudah melaksanakan hal tersebut”,ucap Tok Yos.

Untuk sementara ini, tempat destinasi yang sudah buka, tapi tidak menjalankan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19, diantara, Danau Buatan, Bandar Kayangan, Bukit Bintang dan Pulau cinta Kampar kiri.

Sedangkan untuk, tempat hiburan seperti, Karaoke dan bioskop belum banyak yang buka. (***)

Print Friendly, PDF & Email