Pesawat Tabrak Rumah Abu Abdullah, Pegawai PLN Rengat dan Pilot Ijek di Atas Atap Rumah Emwir

oleh
Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail Anggota Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, saat dibantu warga

PEKANBARU, Saturealita.com-Terjatuh Pesawat Hawk 200 TT-0209 Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, terjadi, Senin pagi, (15/6/2020) bertempat di perumahan Sialang Indah RT/RW 01 Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Informasi Jatuhnya Pesawat Hawk 200 Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, tepat mengenai Rumah Abu Abdullah, Pegawai PLN Rengat.

Sementara itu, kejadian kecelakaan jatuh Pesawat Hawk 200 TT-0209 dengan Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail Anggota Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Terkait kronologis singkat kejadian jatuhnya Pesawat Hawk 200 TT-0209 sedang melaksanakan misi SA LIVE sebagai Cyborg.

Selanjutnya, pada Air exercise juga sedang melaksanakan 7 run pattern yakni, Run 1 ACADEMIC DRY, Run 2 ACADEMIC SINGLE, Run 3 ACADEMIC SINGLE, Run 4 ACADEMIC SINGLE
Run 5 PUP SINGLE, Run 6 PUP PAIR dan Run 7 PUP PAIR.

Cyborg Flight melaksanakan exc sesuai dengan briefing. Cyborg 2 selama excercise melaksanakan exercise dengan normal. Selama di area AWR Siabu tidak ditemukan adanya indikasi abnormal dari dalam maupun luar cockpit.

Pada saat recovery, sequence landing adalah Cyborg 1, Cyborg 3, dan Cyborg 2 dikarenakan Cyborg 2 masih terdapat Hung Bomb pada CBLS kiri sebanyak 1 Bomb.

Pada saat Cyborg 1 di posisi short final , Cyborg 2 mendengar suara letupan yang diikuti dengan T6NL caption menyala dan RPM turun sampai dengan 5 RPM dengan kondisi TGT Blank.

Selanjutnya pesawat mengalami loss of thrust dan Cyborg 2 lapor kepada Leader. Beberapa detik kemudian Cyborg 2 request untuk eject dan di clearance oleh Cyborg 3 yang pada saat itu masih berada di posisi approach.

Cyborg 3 melaksanakan go around dan selanjutnya observe lokasi jatuhnya Cyborg 2. Point eject pada jarak sekitar 2-3 NM dari final Runway 36.

Untuk Kerusakan materil, Pesawat TT-0209 mengalami total lost, dengan kondisi personil, selamat dan aman.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Pesawat sudah dapat dipadamkan oleh mobil Damkar Lanud Pekanbaru.

Selanjutnya, tindakan yang dilakukan Pihak Lanud RSN, melaporkan pada komando atas melaksanakan inspeksi seluruh pesawat dan menghentikan kegiatan penerbangan.

Diketahui pesawat jatuh menabrak rumah Abu Abdullah Pegawai PLN Rengat sedangkan Pilot Ijek di atas atap rumah Emwir di Jalan Sialang RT 04 RW 01 Desa Kubang Raya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, lokasi jatuhnya pesawat dibelakang Bataliyon Arhanud Se-13/PBY Pekanbaru.

Saat ini situasi di lokasi terjatuhnya pesawat sudah diamankan pihak Lanud RSN Pekanbaru, Personil Arhanud Se-13/PBY dan Personil Kodim Kampar. (***)

Print Friendly, PDF & Email