Nikmat Cita Rasa Cangklong Bernilai Puluhan Ribu Hingga Puluhan Juta Rupiah

by -1,276 views

PEKANBARU, Saturealita.com – Eksistensi penikmat Cangklong atau rokok pipa saat ini tengah berjuang melawan gempuran rokok kekinian seperti rokok elektrik Vape.

Sebagian kalangan menilai Cangklong hanya akan mampu dirasakan oleh kalangan  dengan eksklusifitas tertentu, hal tersebut berkaitan dengan bagaimana seni cara menikmati Cangklong yang tidak di dimiliki oleh orang pada umum nya.

Fungsi atau kegunaan cangklong tidak jauh berbeda dengan rokok konvensional atau rokok cerutu, cangklong menjadikan tembakau sebagai syarat sajian menu utama, namun untuk dapat menikmati Cangklong diperlukan cara khusus yang tidak sama dengan merokok pada umum nya.

“Jelas berbeda dengan merokok karena nyangklong adalah menikmati tembakau secara jujur, saya langsung bersentuhan dengan tembakau nya dan proses pembuatan tembakau juga sudah berbeda,” ujar Jhoni sebagai penikmat cangklong dipekanbaru pada minggu (05/07/2020) kepada saturealita.com

Untuk dapat menikmati tembakau dengan cangklong, tidak perlu menghisap asap hingga masuk ke paru-paru seperti kebiasaan merokok pada umumnya, dikarenakan yang membuat para pemula sering terbatuk saat mulai menikmati rokok cangklong.

Perlu diketahui asap tembakau dari cangklong ternyata cukup dikumur saja di dalam rongga mulut. Untuk menghisapnya juga harus secara perlahan sambil menikmati pahit dan sensasi pekatnya rasa dan aroma tembakau.

Cangklong buatan lokal saat ini tengah terus bereksplorasi mengembangkan kreatifitas agar tetap memiliki nilai ekonomis seni yang bernilai tinggi untuk masyarakat, sebagai acuan jual beli cangklong di beberapa situs jual beli online rata- rata menjual pada harga puluhan ribu rupiah.

Jika di impor dari luar negeri ternyata angka nya cukup fantastis mampu mencapai nilai puluhan juta rupiah, dan tentu nya ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menambah prestise.

Jika berminat untuk mengembangkan komunitas cangklong tentu harus mampu memahami terlebih dahulu bagaimana historis cangklong muncul di tanah air tercinta.