Dompet Dhuafa Riau Wujudkan Mimpi Anak-anak Suku Talang Mamak untuk Sekolah

oleh
Suasana proses belajar Suku Talang Mamak SDN 016, Kampung Baru Lokal Jauh, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu Provinsi Riau
Jasa Website murah

INHU, Saturealita.com-Proses belajar mengajar pertama kali di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016, Kampung Baru Lokal Jauh, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau.

Jauh di tengah hutan, masih ada secercah harapan anak-anak suku terasing Talang Mamak menimba ilmu. Mengenyam pendidikan selayak siswa di kota. Mereka berjuang demi masa depan dengan segudang kekurangan mulai dari memakai baju seadanya dalam kehidupan sehari-hari dan tanpa alas kaki.

Rehabilitasi narkoba

Suku Talang Mamak, salah satu antara suku-suku di Riau yang masih kurang menikmati fasilitas negara, jangankan bermimpi untuk mendapatkan aliran tenaga listrik PLN dan akses jalan beraspal, mereka masih berjalandiatas beraspal. Semua jalan di sana hanya tanah liat dan perbukitan, jika hujan akan sulit dilalui. Sementara untuk jarak tempuh berkisar 3 jam dari kecamatan menggunakan kendaraan sepeda motor dan akan sangat sulit apa bila menggunakan mobil.

Kondisi SDN 016, Kampung Baru Lokal Jauh, Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu Provinsi Riau.

Walaupun jauh dari kebisingan kota, anak-anak suku Talang Mamak masih menginginkan agar mereka bisa menulis, membaca dan berhitung.

Melihat kondisi seperti ini, Dompet Dhuafa Riau Dusun Talang Tanjung, membangun satu unit sekolah dasar.

Terkait jarak yang begitu jauh, maka anak-anak Dusun Talang Tanjung memberikan nama sekolah jarak jauh atau lokal jauh. Namun, sekolah yang sangat sederhana berdindingkan papan, saat ini belum ada fasilitas yang memadai.

Tercatat ada 20 siswa, generasi penerus bangsa menyisakan waktunya untuk ikut belajar. Tapi mereka juga tidak setiap hari bisa ikut proses belajar karena keterbatasan pengajar.

Dompet Dhuafa Riau hanya bisa mengirimkan satu orang guru ke daerah tersebut. Agar proses belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik. harapan besar masyarakat dan anak-anak, bisa melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi.

Anak-anak Suku Talang Mamak Kabupaten Inhu

“Saya selaku warga Talang Tanjung Desa Siambul mengucapkan terimakasih kepada Dompet Dhuafa Riau yang telah membangun sekolah dan mengirim seorang guru kedusun kami. Ujar Alek, Kamis, (16/7/2020) kemarin, sembari mengatakan, alhamdulillah dengan adanya sekolah ini, anak-anak bisa belajar. (***)

Print Friendly, PDF & Email