Di Tengah Covid-19, YBM Pekanbaru Berikan Beasiswa Sebesar Rp 360 Juta

oleh
Teks: Suasana penanda-tanganan MoU antara Fakultas Teknik UIR dan YBM BRI Kanwil Pekanbaru dan Penyerahan Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi baik pada Selasa (28/07 2020)

PEKANBARU, Saturealita.com-Prestasi baik dalam bidang akademik, Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kantor wilayah (Kanwil) Pekanbaru memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR), untuk 30 mahasiswa selama empat semester.

Masing-masing mahasiswa menerima sebesar, Rp 3 juta rupiah dengan Total dana bantuan senilai Rp 360 juta rupiah.

Dekan Dr Eng Muslim mengapresiasi kedatangan YBM ke Fakultas Teknik. Ia juga menyampaikan terima kasih telah membantu beasiswa kepada para mahasiswanya. Harapan Muslim, beasiswa tersebut disalurkan tepat sasaran.

”Di masa pandami coronavirus (Covid-19) kita semua dihadapkan pada ekonomi yang terus merosot. Termasuk orangtua mahasiswa, banyak yang tidak mampu membayar uang kuliah,” kata Muslim, Selasa, (28/7/2020) sembari menyebutkan, beasiswa yang diberikan YBM Pekanbaru, sangat besar artinya bagi UIR, khususnya mahasiswa Fakultas Teknik.

Ditambahkan, di tengah Pandemi Covid-19, Rektorat juga telah mengambil kebijakan memberikan keringanan kepada mahasiswa dalam pembayaran uang SPP, Muslim mengindikasikan bahwa UIR sangat peduli dengan kondisi orang tua mahasiswa tersebut.

Di luar itu UIR juga rutin memberi bantuan beasiswa baik melalui dana yang dikumpul oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) maupun bersumber dari dana-dana lainnya.

”Mudah-mudahan beasiswa YBM BRI Kanwil Pekanbaru dapat meringankan beban orangtua dan bisa diberikan secara berkesinambungan. UIR mendoakan semoga BRI terus berkembang dan beasiswa diberikan menjadi barokah guna kemajuan usaha BRI,” imbuh Muslim.

Pada kesempatan tersebut, Manejer Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru H Sutrisno Badroen Lc MA, mengaku senang dapat membantu mahasiswa Fakultas Teknik UIR.

Dirinya menjelaskan, YBM salah satu lembaga zakat nasional yang telah memperoleh pengesahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) RI. Lembaga yang sudah berusia 19 tahun, sejak 10 Agustus 2001 silam, setiap tahunnya menyalurkan bantuan beasiswa berbagai perguruan tinggi, bersumber dari dana zakat para pegawai BRI itu sendiri.

“Kami masih membuka pintu bagi 30 orang mahasiswa Fakultas Teknik untuk diberi beasiswa selama dua tahun, dengan bantuan sebesar Rp 500.000 rupiah. Sedangkan untuk persyaratnya, selain berasal dari keluarga dhu’afa, mahasiswa bersangkutan juga harus memiliki IPK diatas 3. Silahkan diajukan dan kami akan proses ke YBM Pusat,” kata Sutrisno Badroen kepada Dekan Fakultas Teknik.

Sebelum menyerahkan bantuan beasiswa, Dekan Fakultas Teknik Muslim dan Manajer YBM BRI Kanwil Pekanbaru Sutrisno Badroen, menanda-tangani Memory of Understanding di bidang tri dharma perguruan tinggi.

Penanda tanganan idisaksikan Wakil Dekan I Dr Mursyidah, Wakil Dekan II Dr Anas Puri, Wakil Dekan III Ir Akmar Efendi dan Ketua-ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik. Serta sejumlah pengurus YBM BRI. (***/rl)

Print Friendly, PDF & Email