Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Lubang Buaya

by -1,162 views

JAKARTA, Saturealita.com–Hari ini kamis,1 Oktober 2020 Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang langsung dipimpin oleh presiden Joko Widodo (Jokowi). Upacara berlangsung pukul 08.00 WIB tadi, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur dengan menerapkan protokol kesehatan.
Upacara hanya dihadiri oleh tamu terbatas dan pejabat yang bertugas serta diselenggarakan melalui virtual. Mereka melakukan jaga jarak serta mengenakan masker.
Dalam upacara tersebut yang bertugas menjadi pembacaan teks Pancasila ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan pembacaan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.
Sementara itu ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Terakhir pembacaan doa yang dipimpin oleh Muhajir Effendi ( Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Upacara hari Kesaktian Pancasila ini adalah gelaran tahunan untuk memperingati momen peristiwa G30S yang menewaskan para jenderal pada 1965 silam. Tujuh martir tersebut kemudian disematkan gelar Pahlawan Revolusi.

Sementara itu PKI yang disebut menjadi dalang dari tragedi berdarah tersebut kemudian diberangus keberadaannya, dan dilarang berdiri kembali lewat TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966.

Meskipun telah hilang sejak hampir enam dekade lalu, ‘hantu PKI’ masih terus bergaung terutama saban September. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir muncul polemik terkait kegiatan nonton film Peristiwa G30S/PKI yang diproduksi PPFN pada dekade 1980 lalu.

Setelah upacara usai Hari Kesaktian Pancasila 2020, Presiden Jokowi bersama dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan beserta rombongan lainnya menyempatkan diri berkeliling kawasan monumen yang menjadi tempat para jenderal dibuang pada 1965 lalu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.(Md)