Dugaan Covid-kan Pasien Oleh RS Ibnu Sina Pekanbaru, Polda Riau Periksa Saksi

oleh

PEKANBARU, Saturealita.com–Terkait Penyelidikan kasus pasien yang di covid kan pihak Rumah Sakit Ibnu Sina terhadap W mulai memasuki tahap pemeriksaan saksi-saksi. Pelapor telah dipanggil penyidik Direskrimsus Polda Riau, Selasa (3/11/2020).

Kuasa hukum almarhum W, Suroto, mengungkapakan bahwa pelapor telah memenuhi panggilan penyidik. ”Tadi pelapor memenuhi panggilan penyidik, ditanya seputar riwayat sakit kerabatnya,” ujar Suroto, Selasa (3/11/2020).

sampai saat ini, pelapor telah dua kali dipanggil. Panggilan pertama dilayangkan penyidik Ditreskrimum Polda Riau.
Sedangkan panggilan kedua ini, pelapor dimintai keterangan terkait lamanya perawatan almarhum. Kemudian peralatan apa saja yang diterima kerabatnya selama dirawat.

”Penyidik ingin memastikan peralatan dan hari dirawat. Untuk disesuaikan antara keterangan pihak keluarga dan pihak rumah sakit,” jelas Suroto.

Selain pelapor, penyidik diakui Suroto juga telah melakukan pemanggilan pihak BPJS. Menurutnya, dari pernyataan penyidik, ada enam hal serupa yang terjadi di Pekanbaru. Ketua tim kuasa hukum pelapor, Suroto, mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan hari Senin (02/11/2020). Pemeriksaan masih terkait dengan awal mula orang tua korban masuk ke rumah sakit lalu menjalani swab dan dimakamkan sesuai protokol pasien Covid hingga ditemukan data covid-19 yang diduga palsu.

“Setelah itu juga terkait dengan proses pihak keluarga mengkonfirmasi ke rumah sakit dan juga dinas kesehatan Pekanbaru,” ucapnya

Disamping itu Suroto juga melanjutkan, berdasarkan data yang didapat, ada sekitar 10 pasien yang bernasib sama dengan orang tua pelapor yang diketahui bernama Wince ini. Yaitu hasil swab negatif namun data dari Diskes Pekanbaru pasien tersebut dikatakan meninggal karena Covid-19.

“Kalau ditelusuri lagi, saya yakin ini lebih banyak,” jelasnya.

Direskrimum Polda Riau masih akan meminta keterangan dari pelapor dan juga saksi.
“Dari informasi yang kita dapat di Dirkrimsus Polda Riau pada hari Rabu akan meminta keterangan Rumah Sakit Ibnu Sina dan Diskes Pekanbaru,” pungkasnya.(3/11/2020)

Dalam Kasus ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru M Noer, menanggapi santai perihal Diskes Kota Pekanbaru yang dilaporkan oleh pihak keluarga almarhumah W ke Polda Riau.
Saat ditemui di Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (3/11/2020) mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru ini mengatakan pihaknya akan menjelaskan duduk permasalahannya dan bisa dinilai oleh masyarakat.
“Insya Allah Dinas Kesehatan akan memenuhi permintaan penjelasan dari pihak Polda Riau,” cakapnya. (Md)

Print Friendly, PDF & Email