Kapolresta Pekanbaru Pimpin Penggerebekan Markas Bandar Narkoba di Pangeran Hidayat

by -1,616 views

PEKANBARU, Saturealita.com–Meskipun terjadi perlawanan saat dilakukan penangkapan, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya SIK MH bersama Tim Opsnal Sat Narkoba Polresta Pekanbaru berhasil mengamankan tiga pelaku peredaran narkoba di jalan Pangeran Hidayat, kamis (05/11/2020) sore.

Kasat Narkoba Polresta Pekanbaru AKP Riyan Fajri mengungkapkan, pihaknya tidak akan mundur untuk membersihkan tempat tersebut, dari peredaran Narkoba.

“Kita tidak akan menyerah, kita akan kejar terus, walupun dikejar masa, ya kami tidak akan mundur,” Tegasnya.

Pasalnya dikatakan Fajri, masyarakat Kota Pekanbaru dan juga warga di jalan Pengeran Hidayat itu sendiri, sudah resah terhadap peredaran narkoba disana.

“Masyarakat resah, warga panger juga resah (ada peredaran narkoba),” jelasnya.

Sempat kesulitan dalam melakukan penggeledahan disebuah rumah pelaku lantaran ramainya masa yang menyaksikan pengungkapan tersebut dan juga mendapat sedikit perlawanan dari beberapa kelompok yang berupaya menggaggalkan penangkapan.

“Tadi kita berhasil melakukan penangkapn terhadap 3 orang tersangka diduga pelaku pengedar narkotika, memang tadi ada sedikit perlawanan dari beberapa kelompok yang berupaya menghalangi petugas dalam bertugas,” kata Kapolres.

Nandang menyebutkan, dalam pengungkapanya selain 3 orang tersangka yang diamankan, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti.

“3 orang tersangka berhasil kita amankan dalam penggerebekan tersebut berikut barang bukti sabu, dan masih kita lakukan penimbangan,” bebernya.

Diketahui dalam pengungkapan tersebut beberap kelompok tampak melakukan pengrusakan terhadap kendaraan petugas dan saat ini Tim Opsnal Narkoba Polresta Pekanbaru masih melakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut. Sekolompok warga yang terprovokasi melempari petugas, serta sepeda motor yang digunakan. Sekitar 30 menit petugas bertahan didalam, hingga Kapolresta Pekanbaru Nandang Mu’min Wijaya, Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Stevie Arnold Rampengan dan Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Juper Lumbantoruan beserta anggota turun langsung membantu mengamankan anggota yang sedang bertugas.

“Kapolresta ada giat di Rumbai, Kami coba bertahan, anggota saya didalam, saya mencoba menenangkan warga, mungkin provokator menyampaikan yang lain, saya sampaikan kita sedang melakukan penegakan hukum, karena disini ada penjualan jenis sabu disini,” katanya.

Kepolisian Resort Kota Pekanbaru, masih mencari keberadaan pelaku provokator yang menyebabkan sekelompok warga melempari petugas pada saat dilakukan penggrebekan ditempat tersebut.

“Awalnya mereka lempar-lempar batu, ada satu orang akan kita cari orangnya, pada saat saya tenangkan warga, provokatornya kabur, dia hanya untuk membawa masa saja,” Sebutnya.

Petugas Kepolisian berhasil mengamankan 20 paket sabu siap edar, namun belum dapat merilis nama ataupun inisial dari ketiga tersangka.

“Untuk barang bukti kita dapat amankan jumlahnya sekitar dua puluh paket, tapi untuk inisial tersangka nanti dulu ya, saya mau pengembangan dulu, kita harus pengembangan,” Kata Mantan Kasat Narkoba Polres Dumai ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya sangat menyayangkan tindakan sekolompok warga yang berupaya menghalang-halangi tugas Kepolisian dan mengecam tindakan tersebut.

“Siapapun yang menghalang-halangi jalan petugas dalam memberantas peredaran narkoba itu adalah musuh kita bersama,” tegas Nandang.

Akibat provokator tersebut, Selain melampari anggota saat bertugas, dua sepeda motor milik anggota pun dirusak. (Md)