KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo dan 17 Orang Lainnya

oleh
Jasa Website murah

JAKARTA, Saturealita.com–Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT). Penangkapan terhadap Edhy Prabowo itu diduga berkaitan dengan ekspor benih lobster atau benur.

“Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/11/2020).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total mengamankan 17 orang dalam kasus dugaan tipikor izin ekspor benih lobster. Beberapa yang ditangkap itu adalah Menteri KKP Edhy Prabowo beserta istrinya, Iis Rosita Dewi, yang juga anggota Komisi V DPR RI dari fraksi Gerindra.

Rehabilitasi narkoba

“Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, di antaranya adalah menteri kelautan dan perikanan beserta istri dan beberapa pejabat di KKP. Di samping itu juga beberapa orang pihak swasta,” ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (25/11) siang.

Dalam proses penangkapan tersebut, petugas mengamankan sejumlah barang di mana beberapa di antaranya adalah kartu debet atau ATM yang diduga terkait dengan tindak pidana korupsi.

“Saat ini masih diinventarisir oleh tim,” kata dia.

Sebelumnya, kabar Edhy Prabowo ditangkap KPK pada dini hari, dikonfirmasi sejumlah pimpinan lembaga antirasuah tersebut pada Rabu pagi. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Edhy ditangkap di Bandara Soetta setelah kembali dari kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS).

Edhy Prabowo adalah Menteri KKP Setelah Susi, ia menjabat sebagai Menteri KKP sejak 23 Oktober 2019.
Edhy Prabowo adalah politikus Partai Gerindra. Ia dikenal sebagai tangan kanan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Sebagai politisi, Edhy Prabowo pernah menjadi Ketua Komisi IV DPR dan Ketua Fraksi Gerindra periode 2014-2019.
Sebelumnya, Edhy Prabowo memiliki karier militer, tapi hanya singkat. Ia diterima di Akabri tahun 1991, tapi dua tahun kemudian dikeluarkan karena sanksi dari kesatuan. (Md)

Print Friendly, PDF & Email