UIR Semangati Penerima Bidik Misi Raih Prestasi di Tengah Pandemi

by -1,003 views
Teks foto: Suasana Pembukaan Pembinaan Mutu Akademik Penerima Beasiswa Bidikmidi Bhakti Negeri Pemerintah Provinsi Riau Angkatan 2019 di Hotel Pangeran, Selasa malam (09/02 2021)

PEKANBARU,Saturealita.Com- Universitas Islam Riau  (UIR) kembali melaksanakan Pembinaan Mutu Akademik Penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemrtintah Provinsi Riau Angkatan 2019 di Hotel Pangeran pada Selasa malam (9/02 2021).

Dalam kegiatan bertajuk, ‘Semangat Meraih Prestasi di Masa Pandemi’, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL melecut semangat 82 peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Ia menyampaikan, sebagai penerima beasiswa mahasiswa harus terus mengukir prestasi walau kita dihadapkan dengan masih meluasnya Covid-19. ”Jangan mudah putus asa. Saudara adalah mahasiswa terbaik yang terpilih sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Uang kuliah dan uang bulanan selama mengikuti perkuliahan di Universitas Islam Riau sudah ditanggung Pemerintah Provinsi Riau,” kata Rektor.

Pelaksanaan porkes covid-19 saat acara

Karena itu, bantuan dari Pemerintah Daerah harus saudara syukuri dengan cara mengukir prestasi. Ingat orangtua yang menunggu keberhasilan saudara. Selesaikan kuliah tepat waktu dan raih prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik.

Prestasi non akademik, ujar Rektor, dapat saudara lakukan dengan belajar berwirausaha. Peluang bagi saudara menjadi enterpreunership muda sangat terbuka lebar apalagi sekarang ini Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong kaum milenial menjadi usahawan muda. Berwirausaha itu tak perlu modal besar, mulailah dengan modal kecil terlebih dahulu, insha Allah dengan semangat yang tinggi saudara akan menuai keberhasilan. Salah satu diantaranya dengan memanfaatkan media sosial.

Pembinaan Mutu Akademik, menurut Rektor, merupakan sarana yang disediakan Universitas Islam Riau dan Pemerintah Provinsi Riau untuk mahasiswa agar dapat menimba ilmu baik secara teoritis maupun praktis.

Ada sejumlah nara sumber yang dihadirkan UIR berdialog dengan peserta. Mereka akan membekali saudara beragam ilmu dan pengalamanya. ”Jadi saya minta manfaatkan forum ini sebaik mungkin, timba ilmu dari nara sumber agar saudara bisa menjadi orang yang berhasil seperti para nara sumber itu,” pesan Rektor mensemangati mahasiswa.

Pembinaan Mutu Akademik ini pun, tambah Rektor, juga dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Riau. ”Saudara menginap di hotel selama dua malam, masuk ke hotel di swab terlebih dahulu secara gratis. Lalu diberi uang transport dari daerah asal. Ini semua bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau,” ungkap Syafrinaldi.

Adapun pemateri yang hadir dalam pembinaan yang berlangsung hingga Kamis siang (11/92 2021), terdiri dari Drs M Guntur, MPd (Kabid Disdik Riau), Ir Rosyadi (Wakil Rektor III UIR), Yanwar Arif, SPsi, MPsi (Dekan Fakultas Psikologi), NS Ari Pristiana D.MKep (Motivator/Dosen UR), Ustadz Encik Ivan MAg (Dai) dan Ir Suhaimi MMA (Pelaku Usaha). Di luar itu dihadirkan pula dua mahasiswa UIR yang sukses meraih prestasi, yakni Rahmi Fitriah (Lolos Hibah PHP2D Dikti) dan Darmawansyah SP (Pemenang Kompetisi Pidato Tingkat Nasional).

Pembukaan Pembinaan Mutu Akademik ini turut dihadiri Dr H Syafhendry (Wakil Rektor I), Ir Rosyadi (Wakil Rektor III), Prof Dr Thamrin (Kepala BPPA), Dr Azwirman (Kepala Biro Keuangan), Dr Ardiansyah (Kepala BHE), Dr Anton Afrizal Candra (Kepala LDIK), Dr Rendy Prayuda (Sekretaris Pusat Karir), Dr Ario Akbar (Sekretaris UPM PPs), dan Dr H Syafriadi (Kepala Bagian Humas dan Protokol). (***/rls)