Penampilan Ketoprak Bandung Bondowoso PKNS Riau, Menjadi Magnet Para Pengunjung Mal SKA Pekanbaru

oleh

PEKANBARU, Saturealita.Com-Bagian dari pada kegiatan Culture Tourism & Bisnis Fair (CTBF) di Mall Sentral Komersial Arengka (SKA) Pekanbaru, Jumat (26/2/2021) kemarin, menampilkan Ketoprak Bandung Bondowoso dari Peguyuban Kaula Nyogyakarta dan Sekitarnya (PKNS) Riau.

Penampilan dalam bentuk drama kolosal menyorot perhatian para pengunjung Mall SKA Pekanbaru, karena pementasan ini sangat jarang sekali disaksikan.

Demikian dikatakan Sekretaris PKNS Riau, Drs Riyono Gede Trisoko MM. “Walaupun sebagai penguyuban yang tidak modren bergerak dibidang kebudayaan dengan anggota yang cukup banyak, namun hingga saat ini masih eksis dan memproritaskan masyarakat Jawa Riau khusunya di Pekanbaru”, katanya, Sabtu, (27/2/2021) diruangan kerjanya.

Suasana penampilan Ketoprak Bandung Bondowoso PKNS Riau

Sekretaris PKNS Riyono menyampikan bahwa, Sebagai peguyuban yg bergeraklah bidang Kebudayaan memoliki anggota bkesenian yg banyak sehingga bolleh dikatakan kesenian masi eksis dan mereorentasikan masyarakat jawa di riau khususnya Pekanbaru

Ditempat terpisah, pada saat penampilan, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Kota Pariaman Marhen yang berasal dari Bayuwangi, bangga melihatnya, karena menjadi magnet para pengunjung.

“Harusnya penampilan Ketoprak ini bukan malam pembuka, akan tetapi saat penutupan, agar lebih memangnet lagi”,ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Mall SKA Pekanbaru, Atik penampilan drama klosal yang sangat langkah perlu ditonton, apa lagi diperuntukkan kepada generasi muda, agar tetanan jiwakorsa nilai Kebudayaan.

“Ini perlu ditonton, agar nilai kebudayaan tidak terkikis ditelan jaman. Apa lagi saat penampilan, para pemain tetap melaksanakan protokol kesehatan pandemi Covid-19”, ungkapnya.

Penampilan ketoprak yang dimainkan lebih kurang sebanyak 25 orang, bercerita tentang peristiwa Candi Prambanan dan diperkuat dari persatuan Silat Lintau IX Koto Riau Indonesia. (***)

 

Print Friendly, PDF & Email