Uu Ruzhanul Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan dan Kesatuan

by -460 views
Uu Ruzhanul Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan dan Kesatuan (foto Istimewa)

BEKASI, Saturealita.com-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, bulan suci Ramadan 1442 Hijriah menjadi momentum bagi masyarakat Jabar untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Menurutnya, dua hal tersebut menjadi kunci utama pembangunan.

“Kunci utama dalam sukses pembangunan adalah persatuan,” kata Pak Uu –sapaan Wagub Jabar– dalam Safari Ramadan 1442 Hijriah di Masjid Jami Al-Ikhlas, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jumat (16/4/2021).

“Maka saya minta kepada seluruh masyarakat, mari kita tingkatkan ukhuwah islamiah (persaudaraan umat islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia) di antara kita,” imbuhnya.

Jika persatuan dan kesatuan masyarakat terbangun dengan kokoh, Pak Uu optimistis pembangunan di Jabar, baik pembangunan infrastruktur maupun noninfrastruktur, akan berjalan optimal.

“Yang namanya pembangunan perlu daya, perlu kekuatan. Di samping kekuatan materi atau ekonomi, juga ada kekuatan yang sangat dahsyat, yaitu kekuatan persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

“Karena sehebat apapun kualitas SDM dan teknologi untuk membangun Jabar, kalau kita tidak bersatu, terpecah belah, ini tidak akan menjadi suatu kekuatan yang hebat,” tambahnya.

Pak Uu mengatakan, untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, masyarakat harus melihat kembali perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Ingat, Bung Karno bilang ‘Jas Merah’, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai para pahlawan negaranya,” tuturnya.

Selain Jas Merah, Pak Uu juga menambahkan adanya ‘Jas Hijau’ yang berarti ‘Jangan sekali-kali menghilangkan jasa para ulama’. Ia menilai, para ulama turut berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.

“Tapi kelompok para kiai dan ulama pun ada ‘Jas Hijau’, artinya jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama, karena jasa ulama sampai hari ini tidak berakhir, tetap berkarya,” ucapnya.

“Oleh karena itu saya berharap kepada masyarakat, dalam momentum Ramadan ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Dalam Safari Ramadan kali ini, Pak Uu menyerahkan bantuan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jabar kepada santri salafiyah berupa buku tilawah Al-Qur’an dan uang tunai, serta santunan untuk anak dhuafa/yatim berupa peralatan sekolah dan uang tunai. (***/HUMAS JABAR