SBM ITB Gelar “Ganesha Business Festival 2021”

by -408 views

BANDUNG — Lebih dari 360 mahasiswa dan 150 siswa SMA dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam business case and business plan competition  yang digelar oleh Ganesha Business Festival, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) , Institut Teknologi Bandung pada bulan Maret hingga April 2021.

Tema yang dibawakan oleh Ganesha Business Festival 2021 adalah green business . Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan global yang mulai melirik dan mengusung konsep ramah lingkungan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan dalam proses bisnis.

Melihat adanya tren positif tersebut, Ganesha Business Festival 2021 memilih untuk mengangkat tema green business untuk turut serta meramaikan tren tersebut di Indonesia

“Green business atau bisnis ramah lingkungan sendiri adalah bisnis atau entitas yang menyiapkan rencana dan mengambil tindakan  untuk mengurangi dampak lingkungannya pada area yang menjadi perhatian langsung”, kata Direktur Kemahasiswaan SBM ITB Sonny Rustiandi.

Sonny berharap langkah kecil yang  SBM ITB lakukan dapat membawa efek positif berupa peningkatan kesadaran para peserta, panitia, audiens untuk menjadi pelaku bisnis ramah lingkungan di Indonesia.

Ganesha Business Festival terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu pre event , main event ( competition ), exhibition , dan awarding night .

Pre event sendiri merupakan acara dalam bentuk webinar yang diisi oleh tokoh-tokoh yang inspiratif dengan tema yang berkaitan dengan kehidupan mahasiswa sekarang.

Seperti halnya dalam pre event 3 , mengangkat tema “Followership: The Other Side of Leadership” yang dibawakan oleh Chief Sales Officer  Smartfren Dedi Irawan.

Tema webinar ini cukup berbeda dari biasanya, karena membahas tentang followership yang masih jarang diberikan perhatian oleh banyak orang. Pre event 3 ini berhasil berjalan dengan sukses dan menarik sebanyak 120 partisipan.

Selanjutnya, pre event 4 pun mengangkat tema “Empowering Social and Environment Awareness Through Green Business Concepting” yang dibawakan oleh Chief Executive Officer dan Co-Founder dari Greenhope.co, Tommy Tjiptadjaja.

Pre event 4 kali ini membahas tentang pentingnya memulai tindakan untuk mengatasi krisis lingkungan. Pada pre event ini, dijelaskan cara terbaik membangun bisnis dengan konsep green business.

Setelah rangkaian pre event selesai, diselenggarakan main event pada tanggal 24-25 April 2021 meliputi, exhibition dan awarding session. 

Pada acara exhibition, akan ada pameran bisnis yang dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa dan alumni SBM ITB. Para pengunjung dapat berbincang langsung atau pitching kepada para exhibitors.

Acara exhibition ditutup dengan talkshow dan  mini games yang berhadiah menarik. Exhibition terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk.

Acara terakhir merupakan awarding session untuk para peserta undergraduate business case competition, highschool business plan competition dan juga bootcamp . 

Di awarding session ini akan ada penampilan dari Marsha Zulkarnain, Idgitaf, dan ITB Jazz. (Pun)