Polresta Pekanbaru Lakukan Penyekatan 5 Posko Pintu Masuk Arus Mudik Lebaran

oleh
Kompol Lilik S

PEKANBARU, Saturealita.com-Polisi Resort Kota (Polresta) Pekanbaru akan memberlakukan penyekatan 5 posko pintu masuk selama perayaan Lebaran tahun 2021 ini.

Penyekatan berdasarkan, Keputusan Pemerintah tentang laranggan mudik lebaran pada tahun ini, serta surat edaran oleh Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) tentang Peniadaan mudik lebaran.

Polresta Pekanbaru akan melakukan penyekatan pintu masuk yang akan menuju kota Pekanbaru, dengan bertujuan agar penyebaran covid bisa dapat ditekan peningkatanya.

Penyekatan dilakukan sebelum dan sesudah lebaran dilakukan dengan pendirian posko pemantauan pintu masuk kota pekanbaru.

Menurut Kapolresta kota Pekanbaru Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Nandang melalui Kabag ops Polresta Pekanbaru Komisaris polisi (Kompol) Lilik saat pendirian posko diwilayah Kulim Kecamatan Tenayaan Raya, menyampaikan bahwa polresta akan membangun posko penyekatan arus mudik pada 5 titik pemantauan meliputi, di kawasan kilometer 22 Kulim, Simpang Empat Garuda sakti, Rumbai, Kubang serta pintu masuk Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru.

“Penyekatan nantinya berfungsi buat memantau masyarakat keluar masuk Pekanbaru. Sebab tahun ini, tidak ada arus mudik baik loka, luar Provinsi atau luar negeri. Jika nanti ada yang kami dijumpai maka akan disuruh putar arah balik kedaerah asalnya”, kata Kompol Lilik, Rabu (28/4/2021) siang.

Kemudian, Polresta Pekanbaru akan mengerahkan 100 orang personil untuk di tempatkan menjaga titik-titik penyekatan. Selain personil polresta juga akan didukung dari kesatuan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Perhubungan, Kesehatan dan Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Pekanbaru dibagi sesuai masing-masing instansi dengan kekuatan 24 Personil.

Sementara itu, penyekatan akan diberlakukan pada tanggal 27 April 2021 sampai bulan Mei sesuai waktu yang ditentukan.

“Kami berharap dengan penyekatan ini, dapat menekan mobilisasi massa yang ingin keluar masuk Pekanbaru, sehingga akan bisa menekan laju penularan covid-19”, tutup Kompol lilik. (***/ML)

Print Friendly, PDF & Email