April, Jawa Barat Alami Inflasi 0,22 Persen

by -610 views
Foto istimewa

KOTA BANDUNG, Saturealita.com- Indeks Harga Konsumen atau IHK gabungan tujuh kota di Jawa Barat mengalami kenaikan indeks dari bulan sebelumnya sebesar 107,13 menjadi 107,37 atau mengalami inflasi sebesar 0,22 persen.

Koordinator Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat Jaih Ibrohim,menyebutkan kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar berasal dari makanan, minuman dan tembakau dengan andil inflasi sebesar 0,1256 persen. Hal ini disampaikannya di kantornya, Senin (3/5/2021).

“Komoditas yang mengalami kenaikan harga tertinggi dan memberikan andil inflasi terbesar adalah daging ayam ras,” katanya.

Disebutksn dari 7 kota IHK di Jawa Barat seluruhnya mengalami inflasi dengan inflasi tertinggi di Kota Tasikmalaya sebesar 0,38 persen. Inflasi terendah di Kota Bekasi sebesar 0,13 persen.

BPS juga menginformasikan Nilai Tukar Petani (NTP) sebagai salah satu proxy indikator kesejahteraan petani di Jawa Barat pada April 2021 sebesar 97,35 mengalami penurunan sebesar 1,75 persen.

Demikian pula Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) Jawa Barat mengalami penurunan sebesar 1,49 persen dengan capaian indeks sebesar 98,25.

Subsektor yang mengalami penurunan NTP maupun NTUP adalah subsektor tanaman pangan dan subsektor hortikultura, sedangkan pada subsektor lainnya mengalami kenaikan indeks. (***)