Ketua NPC Riau Lantik Pengurus NPC Siak Periode 2020-2025

oleh

Siak, saturealita.com – Pengurus Paraliympic Committee (NPC) Kabupaten Siak Periode 2020-2025, Jumat siang (25/6/2021) bertempat di Sekretariat Jalan Sekuntum Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang, resmi dilantik.

Pelantikan oleh Ketua NPC Riau Jaya Kusuma, Muhammad Asrul, sebagai Ketua NPC Kabupaten Siak, diamanahkan untuk membesarkan organisasi difabel dalam mencapai prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

“Saya berharap, pada kesempatan maupun momen yang sangat berbahagia saat ini, jangan hanya sekedar sebatas seremonial saja, namun ayo dan bangkitlah, capailah prestasi baik itu tingkat nasional maupun internasional,” kata Jaya saat memberikan sambutannya.

Terkait masalah keberadaan NPC Kabupaten Siak, Jaya mengingat masa lalu, saat sebelum menjabat sebagai Ketua NPC Riau, sekretariat ini sudah ada dan terbentuk.

Dikatakan Jaya, menjadi persoalan dari dulu hingga saat ini, sistim penganggaran, secara maksimal belum tercapai, apakah itu dari Pemerintahan setempat, maupun pihak swasta yang ada dalam wilayah Kaabupaten Siak itu sendiri.

“Saya berharap, kepada Pemerintahan dalam hal ini hadir Wakil Bupati Siak, H Husni Merza, dengan kesedihan dan harapan besar, bantulah mereka yang ingin membesarkan organisasi penyandang disabilitas dan akan mengharumkan nama Kabupaten Siak diajang olahraga baik nasional maupun internasional,” ungkap Jaya.

Selain hadir Katua NPC Riau Jaya Kusuma dan Wakil Bupati H Husni Merza, juga turut hadir Kepala Dispora Kabupaten Siak diwakili, Saharuddin Siregar, Sekcam Tualang, Heri Darmawan, pengurus NPC Riau dan perwakilan anggota NPC Kabupaten Siak.

Kepengurusan NPC Kabupaten Siak yang baru diharapkan mampu kembali memberdayakan berbagai komunitas masyarakat kalangan disabilitas atau penyandang cacat  dari semua aspek.

Wabup Siak, Husni Merza mengatakan bahwa dirinya bersama Bupati memang memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada semua komponen masyarakat termasuk kaum disabilitas.

“Kami bersama Pak Bupati ke depannya akan membangun gedung-gedung pemerintah yang layak bagi semua pihak, termasuk untuk disabilitas ini,” sebut Husni.

Bentuk kepedulian lain lanjutnya, melalui dinas terkait nanti akan dianggarkan untuk NPC Siak dari APBD Siak 2022, sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Saya sarankan ke pengurus untuk bisa audiensi dengan pihak DPRD Siak, dan dibantu dengan pimpinan OPD terkait sehingga rencana ini mendapat dukungan. Insya Allah bisa disetujui oleh pihak DPRD Siak,” harapnya.

Di kesempatan itu Husni mengajak pengurus dan anggota tetap semangat, meskipun mengalami keterbatasan dana.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana acara pelantikan, M Bakri diawal penyampaian dengan bangga mengatakan bahwa Siak sudah memiliki gedung NPC sendiri, tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Kedatangan Wabup, ujarnya, menambah semangat untuk terus berkarya dan memperjuangkan nasib kalangan masyarakat disabilitas di Kabupaten Siak ini.

“Untuk diketahui pak Wabup, (Husni Merza-red), sudah lama mengenal NPC yang dulu disebut BPOC (Badan Pembina Olahraga Cacat ) yaitu sejak beliau menjabat sebagai Ketua KPUD Siak karena anggota BPOC kala itu diundang untuk diberikan sosialisasi Pilkada bagi kalangan disabilitas,” jelasnya.

Sementara Ketua NPC Siak, Muhammad Asrul, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelangsungan acara ini, hingga selesai dengan baik.

Kemudian, Ia menyabutkan, melalui bimbingan dan arahan Ketua NPC Riau Jaya Kusuma dan dukungan penuh dari Pemerintahan setempat maupun perusahaan swasta, akan menjalankan organisasi disabilitas lebih baik dan terarah sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Saya bukan berjanji, namun berusaha semaksimal mungkin untuk mengeban amanah ini sebaik mungkin. Dengan keyakinan penuh dan pertolongan dari Allah SWT, mudah-mudahan organisasi ini akan besar baik nasional maupun internasional serta mengharumkan nama pemeritahan Kabupaten Siak terkhusus Provinsi Riau,” demikian Muhammad Asrul.(*)

Print Friendly, PDF & Email