Jelang PON XX Papua Marjohan: Target Kita Masuk 10 Besar

oleh -750 views
Ketua Plt KONi Riau R.H Marjohan Yusuf

PEKANBARU, Saturealita.Com-Jika pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX lalu di Jawa Barat (Jabar), kontingen Riau mampu menempati posisi ke tujuh, maka pada pelaksanaan PON XX mendatang di Papua, Riau menargetkan tetap masuk 10 besar.

Hal ini disampaikan Plt Ketua KONI Riau, H R Marjohan Yusuf, Senin (28/6/2001) di Kantor KONI Riau, Jl Gajahmada, Pekanbaru.

Lebih jauh terkait persiapan kontingen Riau yang mengikutkan sebanyak 29 cabang olahraga (Cabor) pada PON XX Papua yang digelar pada Oktober 2021 mendatang, berikut penjelasan lengkap Plt Ketua KONI Riau H R Marjohan Yusuf.

Jelang pelaksanaan PON di Papua, bagaimana persiapan kontingen Riau?

Insya Allah, atlit-atlit Riau yang tergabung dalam 29 Cabor sudah siap untuk bertanding. Saat ini masih melakukan latihan bersama. Nanti pada awal Juli ini akan dilakukan pemusatan latihan sampai akhir Juli.

Ditengah situasi pandemi Covid-19, apa yang kita lakukan terhadap atlit-atlit?

Latihan tetap berjalan dengan mengacu kepada Prokes. Dan sampai saat ini semua atlit kita sudah divaksin sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan pemerintah untuk bisa mengikuti PON.

Upaya lainnya?

Memang ditengah situasi Covid-19 saat ini kita tidak bisa melakukan tryout ke luar. Namun kita masih melakukan tryin. Seperti kemarin kita kedatangan tamu dari atlit anggar Papua. Ya, tetap kita layani dengan menerapkan prokes. Kita tidak ingin terjadi sesuatu hal terhadap atlit kita. Karena dengan waktu yang hanya tinggal 2 bulan ini semua harus waspada. Makanya kita selalu mewanti-wanti pelatih, official maupun atlet untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menerapkan prokes.

Dengan persiapan-persiapan yang telah dilakukan, apa target KONI Riau?

Target kita masuk 10 besar. Target kita seperti itu. Ini kita jadikan lefered (daya ungkit) semangat kita. Karena kalau kita tidak berani mematok target tersebut, maka semangat kita akan kendor. Istilah anak-anak sekarang, gas terus, jangan sampai kendor. Dan bercermin dari hasil Porwil maupun PON sebelumnya, kita yakin target itu akan tercapai. Dan yang membuat kita tambah yakin, beberapa atlit kita dipanggil untuk mengikuti seleknas. Bahkan dua diantaranya dari atlit renang sudah dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade di Tokyo. Kita harap ini juga bisa menjadi motivasi atlit-atlit Riau lainnya untuk berprestasi.

Apa kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan kontingen Riau beeanbkat ke Papua?

Alhamdulillah semua berjalan oke. Praktis tidak ada kendala yang kita hadapi. Setelah kita berkoordinasi dengan Dispora, pemerintah provinsi, maupun pihak-pihal swasta lainnya, semua masalah yang muncul bisa diatasi bersama. Termasuk soal anggaran, semua sudah oke.

Terakhir, apa harapan anda?

Kami mohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Riau. Doakan Tom kita selalu sehat walafiat dan dapat berpretasi membawa nama harum Riau dikancah nasional. (***)