Inilah Mengapa dalam Training Perlu Ice Breaking

oleh

PEKANBARU.Saturealita.com – Dalam teori otak, manusia akan lebih mudah menyerap informasi apabila dalam keadaan rileks dan bahagia atau gelombang otak dalam keadaan alfa. Untuk itu dalam pelaksanaan pelatihan perlu memahami kondisi emosi peserta training agar ketika materi diberikan peserta training dapat dengan mudah menyerap informasi. Salah satu cara yang paling efektif dalam memberikan pengetahuan kepada peserta training dengan cara belajar melalui permainan yang melibatkan pengalaman langsung peserta, hal ini dapat membuat peserta pelatihan lebih aktif, fokus dan produktif. Melalui permainan, peserta pelatihan lebih mudah menyerap dan mengingat pengetahuan yang diterimanya karena mereka mengalami langsung hal tersebut.

Suatu permainan hendaknya tidak hanya sekadar menciptakan suasana gembira tapi juga memberikan makna bagi peserta. Karenanya jenis permainan menjadi hal yang sangat penting. Salah memilih permainan tidak hanya menyebabkan sasaran tidak tercapai tapi juga dapat mendemotivasi peserta pelatihan karena kegiatan terasa “ garing” dan tak terarah.

Seorang trainer yang handal peka terhadap situasi, fleksibel dan cepat melakukan tindakan guna memfasilitasi kebutuhan peserta pelatihan. Dalam setiap pelatihan hendaknya trainer siap dengan sejumlah tools untuk mengantisipasi kondisi yang tak terduga, berupa aktivitas permainan yang difokuskan untuk membantu peserta agar siap dan lebih fokus mengikuti pelatihan, yang dikenal dengan Ice Breaker Games.

Permainan-permainan Ice Breakers dalam manual ini dikelompokkan menjadi 3 bagian:

1. Opening
Memuat permainan yang ditujukan untuk membuka sesi pelatihan dan membangun kedekatan di antara peserta

2. Related to Topic
Terdiri dari permainan-permainan yang dapat digunakan untuk memulai pelatihan-pelatihan dengan topik tertentu. Jadi permainan ini diberikan untuk memberikan insight awal mengenai maksud pelatihan

3. Energizer
Mencakup permainan-permainan yang ditujukan untuk membangun semangat dan menjaga konsentrasi peserta agar tetap fokus pada kegiatan pelatihan. Oleh karenanya permainannya lebih banyak melibatkan aktivitas fisik.

Jika instansi anda ingin mendapatkan Pelatihan SDM yang asyik dan menggembirakan, silahkan kontak Yusriadi di 0852-6595-0276.

Print Friendly, PDF & Email