Untuk Sukses menjadi Marketing Freelance, Anda harus Punya Tiga Hal ini

oleh

Pekanbaru.Saturealita.com-Salah satu profesi yang paling mudah diperoleh adalah menjadi tenaga penjual. Apalagi kalau sistemnya freelance, pihak pengusaha tidak dipusingkan dengan memberikan gaji pegawainya secara bulanan. Umumnya bagi para pengusaha, siapapun yang ingin menjualkan produknya tentu mereka akan well come, karena hanya sekedar memberikan fee marketing atas penjualan yang anda lakukan.

Pengusaha tidak harus mengeluarkan biaya promosi yang besar karena ada tenaga penjual freelance. Kabar baiknya bagi mereka yang memang tidak ingin terikat pada suatu instansi tentunya menjadi tenaga penjual freelance menjadi sangat menarik. Selain bisa sambil kuliah, profesi inipun sebenarnya sangat menjanjikan dari aspek penghasilannya jika memilih penjualan property, asuransi dan produk-produk investasi. Jika anda saat ini adalah sebagai tenaga penjual freelance, atau berencana ingin menggeluti profesi ini, maka berikut yang anda harus kuasai agar anda sukses menjalani profesi ini.

1. Memiliki Talenta sebagai Penjual 

Talent atau talenta artinya adalah bakat pembawaan yang harus anda miliki sebagai modal dasar anda melakukan perkerjaan. Jika anda senang bertemu dengan orang, senang membangun persahabatan, dan mudah akrab dengan orang lain ini artinya anda bertalenta untuk menjadi seorang tenaga penjual. Ciri berikutnya adalah pekerjaan bertemu dengan calon konsumen bukanlah suatu beban tetapi menjadi sebuah kesenangan, karena anda merasa bisa membantu memberikan informasi yang berguna tentang suatu produk dan merasa bahagia memiliki banyak perkenalan.

2.   Pahami Product Knowledge

Product knowledge adalah pengetahuan anda tentang produk yang anda jual. Jangan sampai anda tidak memahami dengan baik apa saja manfaat produk, keunggulan produk dan spesifikasi produk. Seringkali pada produk yang punya banyak kompetitor, konsumen akan menanyakan apa yang membedakan produk kita dengan produk orang lain, bagaimana kinerja produk kita dan siapa saja yang sudah membeli. Temukan sebanyak mungkin alasan keunikan produk anda dengan produk sejenis, sehingga ini akan memudahkan anda mempengaruhi orang untuk membeli produk tersebut.

3.   Menguasai Ilmu Selling Skills

Segala sesuatu yang dikerjakan tanpa ilmu, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Begitu juga dengan menjadi tenaga penjual, dibutuhkan ilmu khusus. Menjual adalah kegiatan yang penuh dengan seni dan ilmu, karena dalam menjual kita harus memiliki kemampuan membangun hubungan. Apalagi untuk produk-produk mahal yang pembeliannya bisa ditunda, ini membutuhkan kesabaran, keuletan dan teknik probing, supporting dan closing tingkat tinggi. Untuk penjelasan 3 teknik akan diulas pada artikel berikutnya.

Inilah tiga modal dasar yang harus dimiliki untuk menjadi tenaga penjual professional. Ini termasuk jenis profesi yang keahliannya akan diperoleh setelah banyak melakukan praktek, praktek dan praktek, maka ayo jangan tunggu lama-lama jika anda memiliki talenta, sebaiknya anda ambil profesi ini, tinggal mempelajari product knowledge dan selling skills nya saja anda akan menjadi orang sukses berkelimpahan materi.

Print Friendly, PDF & Email