Inilah Tips agar Kamu Cepat dipanggil Interview ketika Melamar Pekerjaan

oleh

PEKANBARU.Saturealita.com-Mendapatkan pekerjaan yang diidamkan pasti menjadi dambaan semua orang yang baru menyelesaikan pendidikan formalnya. Hanya saja tidak mudah langsung mendapatkan pekerjaan tersebut. Kita harus mengetahui dimana ada lowongannya pekerjaannya dan apakah lowongan pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginan kita. Jika anda sudah mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dan lowongan kerja tersebut sudah sesuai keinginan anda, maka tips berikut ini adalah bagaimana agar cepat dipanggil untuk interview :

Cantumkan keahlian

Mencantumkan keahlian yang spesifik akan memudahkan pihak HRD menemukan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misal anda ingin melamar menjadi marketing eksekutif, anda harus bisa jelaskan bahwa anda ada seorang yang memiliki kemampuan tersebut. Misalnya, jika ingin melamar sebagai akuntan, kamu harus menjelaskan kemampuanmu dalam proses pembukuan keuangan serta keahlian dalam program komputer akuntasi. Dengan begitu, tim penyeleksi akan mengetahui potensi yang dimiliki dan kamu layak dipertimbangkan untuk diterima kerja.

Minta Rekomendasi

Surat rekomendasi dari tempatmu magang, atau orang-orang yang bisa menggaransi kamu bahwa kamu adalah orang yang layak bekerja di perusahaan tersebut akan menjadi pertimbangan bagi para selector. Ini menunjukkan kamu memililiki reputasi sehingga kamu akan dianggap orang yang memiliki integritas.

Buatlah cover letter yang menarik

Salah satu trik jitu agar dipanggil interview kerja lainnya yang paling menentukan yakni membuat cover letter yang menarik. Lantaran melalui cover letter tersebut, merupakan langkah pertama mencuri perhatian HRD. Bila bingung bagaimana menulis cover letter yang benar kamu bisa melihat contoh-contoh cover letter atau surat lamaran yang ada. Kirim cover letter melalui email dengan format yang benar dan bila memungkinkan disertai dengan portofolio yang menarik sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Nah, setelah kamu melakukan beberapa cara di atas, jangan lupa juga untuk melakukan beberapa cara berikut ini setelah kamu sukses dipanggil interview.

Gunakan pakaian yang sesuai

Saat kamu akhirnya berkesempatan untuk dipanggil interview, ingatlah untuk mengenakan pakaian yang pantas, sopan, dan sesuai dengan budaya kantor.

Jujur saat interview

Saat interview, ada baiknya kamu tidak perlu melebih-lebihkan kemampuanmu hanya untuk terlihat lebih menarik dibandingkan kandidat lainnya. Yakinlah bahwa dengan jujur kamu akan mendapatkan pekerjaan yang tepat, bahkan tidak menutup kemungkinan hal ini menjadi nilai tambah dari perekrut.

Pelajari beberapa pertanyaan interview

Mengetahui beberapa pertanyaan interview akan berguna untuk kita berlatih menjawab dengan benar. Misal yang selalu ditanya dalam interview, berapa gaji kamu minta, jawaban yang bagus adalah tidak menjawab jumlah, tetapi jawab dengan mengikuti ketentuan yang sudah ada diperusahaan. Jika ditanya alasan mengapa melamar kerja diperusahaan ini dijawab dengan ingin bergabung karena ingin menjadi orang yang maju,sukses dan berkembang diperusahaan ini sehingga akan memberikan potensi yang terbaik diperusahaan ini.

Cari informasi tentang Perusahaan

Dengan mengetahui informasi tentang perusahaan akan membantu kamu untuk bisa lebih berwawasan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview. Langkah ini juga akan membantumu untuk lebih mengenal perusahaan tersebut, dan siap untuk sesi interview. Itulah beberapa tips jitu agar cepat dipanggil interview, dan beberapa cara agar kamu dapat cepat diterima kerja. Jika sekarang kamu masih kesulitan dalam mencari kerja, jangan menyerah. Selalu ada jalan jika kamu berusaha.

 

Print Friendly, PDF & Email