Kepala BNPB Apresiasi, Inisiatif Korem 031/WB Dirikan Dapur Umum

oleh

PEKANBARU, Saturealita.Com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Ganip Warsito apresiasi inisiatif Danrem 031 Wira Bima (WB), Brigjen TNI M Syech Ismed bersama dengan Kapolda dan Pemprov Riau mendirikan dapur umum untuk membantu warga Pekanbaru terdampak Covid-19.

Hal ini, disampaikan Ganip disela meninjau Dapur Umum di komplek Gedung Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Ahad (8/8/2021).

Dirinya juga, banga atas kesigapan para petugas yang bekerja menyiapkan makanan dan mendistribusikan langsung kepada masyarakat. Sehingga bantuan paket sembako itu bisa tepat sasaran dan sampai kepada warga yang membutuhkan.

“Inisiatif ini cukup bagus, kalau bisa terus ditingkatkan, agar bantuan untuk masyarakat kita yang terdampak pandemi Covid-19 tepat sasaran,” ucapnya.

Saat peninjauan, langsung didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar, Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Effendi, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Sri Al Azhar serta pejabat anggota Forkopimda Riau lainya.

Jenderal berbintang tiga, mengaku sangat terkesan dengan semangat bergotong royong, mulai dari Pemerintah, Forkopimda serta pihak swasta lainya dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini.

Ditambah lagi, semua ini merupakan swadaya sendiri tanpa menunggu perintah dan bantuan dari pusat. “Maka dari itu, saya sangat terkesan sekali dan apresiasi untuk semua masyarakat kota Pekanbaru, terkhusus buat Provinsi Riau pada umumnya”, Sebutnya.

Selain itu, masyarakatnya ramah dan kompaknya juga luar biasa, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian jelasnya, selama berada dibumi lancang kuning, dirinya mengakui, telah mengunjungi berbagai persiapan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan Pemprov bersama Forkopimda dan Kabupaten Kota Provinsi Riau.

“Saya melihat langsung, mulai dari penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, penyediaan ruang isolasi sampai pelayanan perawatan untuk pasien yang terpapar Covid-19. Termasuk pelaksanaan vaksinasi yang antusias masyarakat Riau sangat tinggi dan terus meningkat”, paparnya.

Sementara, Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed menyebut, sesuai target sebelumnya, untuk dapur umum ini akan terus ditingkatkan dan diupayakan berjalan hingga pandemi Covid-19 di Riau berakhir.

“Semua untuk masyarakat kita yang saat ini, sangat membutuhkan uluran tangan dalam mengatasi dampak Covid-19,” jelasnya.

 

Beberapa hari sebelumnya, Danrem menjelaskan dukungan untuk dapur umum ini mulai terus mengalir dari masyarakat maupun pengusaha yang ada di Riau.

“Selain mengucapkan terimakasih, kita juga berharap kedepan dukungan ini terus meningkat. Sehingga bantuan kepada masyarakat kita bisa lebih maksimal lagi yang sebelumnya kita targetkan 1.000 bungkus perhari,” Danrem.

Di kesempatan sama, Panglima Madya Penggawa LAM Riau, Datuk Yudi Syafrudin mengucapkan selamat datang kepada Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito di Bumi Lancang Kuning.

“Semoga kehadiran Kepala BNPB di Riau dapat memberikan semangat untuk percepatan penanggulangan Covid 19. Yudi juga berharap, semoga peninjauan ini dapat mendorong para donatur untuk turut bahu membahu mengulurkan tangan memberikan batuan untuk sesama warga Riau yg terdampak Covid 19. (***/rls)

Print Friendly, PDF & Email