DKKP dan Dispusip Ikat Kerja Sama

oleh
Foto Doc. DKKP

PEKANBARU, Saturealita.Com-Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) secara sah mendapatkan kantor barunya. Penetapan kantor baru itu tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara DKKP dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru pada Jumat (26/08/2021) lalu.

Dalam kesempatan disela penandatangan kerja sama itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Nelfi Yonna menyebut, Perpustakaan Meranti Pandak yang terletak di Rumbai itu tentu bisa dimanfaatkan secara maksimal. Apalagi lokasinya cukup strategis dengan kawasan yang lumayan luas.

“Kami sangat menyambut baik keinginan DKKP untuk memanfaatkan pustaka itu. Apalagi lokasinya strategis dengan luas yang memadai. Di samping itu, kami juga mengharapkan pihak DKKP bisa membantu dalam menumbuh kembangkan minat baca lewat gerakan literasi di tengah-tengah masyarakat,” paparnya panjang lebar.

Dijelaskannya, Pustaka Meranti Pandak memang perlu direhap ulang karena kondisinya mulai banyak yang rusak. Karenanya, beliau telah menyarankan pihak terkait untuk merehap bangunan tersebut. Beliau juga berharap pihak DKKP melanjutkannya ke pihak pemko untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) DKKP Fedli Azis mengucapkan terimakasih kepada Dispusip Pekanbaru yang menyambut keinginan mereka untuk berkantor di Pustaka tersebut. Dijelaskannya, kedua pihak sedang intens membicarakan bentuk kerja sama dalam beberapa program yang berkaitkelindan dengan literasi dan minat baca masyarakat.

“Sambutan hangat pihak Dispusip Pekanbaru menjadi pijakan awal bagi DKKP untuk menjalankan roda organisasi. Ditambah pula koneksitas program kerja masing-masing pihak bisa disinergikan,” ulas Fedli.

Lebih jauh dikatakannya, DKKP akan memanfaatkan kawasan Pustaka Meranti Pandak sebagai kantor dan art space. Sebagai ruang bertemunya para seniman dengan publiknya lewat berbagai program pembinaan serta pertunjukan seni berbasis budaya.(***)

Print Friendly, PDF & Email