Rektor UIR Dukung Rencana YLPI Dirikan Rumah Sakit

by -501 views
Suasana Sidang Istimewa Senat Universitas Islam Riau dalam rangka Milas ke-59 UIR, Jum'at (4/9 2021)

PEKANBARU, Saturealita.com-Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL memberi dukungan kepada Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau (YLPI) untuk mendirikan rumah sakit di Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru. Dukungan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada Sidang Istimewa Senat Universitas yang berlangsung Sabtu (04/9 2021) bersempena dengan punca Milad ke-59 UIR.

Sidang Istimewa Senat UIR yang berlangsung secara terbatas dihadiri Ketua Dewan Pembina YLPI Drs H Mukni, Ketua Umum YLPI Dr H Nurman, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Dr Firdaus, Wakil Rektor III Dr Admiral, Guru Besar, dan Dekanat di lingkungan Universitas Islam Riau. Sidang Istimewa juga diisi dengan orasi ilmiah dari Dr. M. Musa, SH, MH, Dekan Fakultas Hukum UIR.

Syafrinaldi menjelaskan, rumah sakit yang akan dibangun di Jalan Kaharuddin Nasution itu, lokasinya persis di Sekolah YLPI sekarang, masih satu areal dengan kampus Universitas Islam Riau. ”Pembangunan rumah sakit ini merupakan program prioritas yang layak mendapat dukungan kita semua,” ujar Rektor.

UIR, lanjut Rektor, juga mendukung program-program pengembangan pendidikan dan ekonomi yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Yayasan. Antara lain pondok pesantren dan perkebunan di tanah seluas 53 hektar di Pasir Putih.

“Izinkan kami menyampaikan dukungan dan doa, dari banyak skala prioritas program yang kita rencanakan di tahun mendatang, mungkin yang paling prioritas untuk kita dukung dan kita wujudkan bersama adalah pembangunan rumah sakit.
Mari kita berikan semangat dan tepuk tangan kepada Ketum YLPI. Semoga rumah sakit ini bisa terwujud tidak terlalu lama,” kata Syafrinaldi mengajak anggota Senat Universitas.

Bak gayung bersambut. Ketua Umum YLPI Nurman juga mengapresiasi dukungan yang diberikan Rektor Syafrinaldi. Ia menjelaskan, di lahan 1,5 hektar itu sekarang berdiri sekolah-sekolah YLPI. Pihak yayasan telah berkirim surat kepada Dewan Pembina untuk meminta izin mendirikan Rumah Sakit Umum Type C dan sekaligus memindahkan sekolah-sekolah tersebut ke Jalan Air Dingin pada lahan seluas 2,5 ha.

”Sekarang kami sedang mengidentifikasi bangunan yang dibutuhkan untuk setiap tingkatan sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak hingga SLTA. Insha Allah setelah selesai, hasil identifikasi akan kami serahkan kepada Rektor untuk dimulai proses pembangunannya. Termasuk kita juga akan membangun sekolah vokasi yang dilengkapi dengan asrama putera dan asrama puteri. Juga masjid serta mini market. Ini hadiah luar biasa yang diberikan Rektor di Milad ke-59 ini,” ungkap Nurman.

Nurman mengajak Civitas Akademika Universitas Islam Riau untuk terus mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT kepada keluarga besar UIR. Sekaligus melanjutkan perjuangan para pendiri YLPI dan UIR dengan bekerja secara bersungguh-sungguh, memajukan yayasan dan universitas untuk kepentingan umat.(***/relis)